Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Pepes yang Enak dan Tidak Berair

Fimela.com, Jakarta Pepes merupakan satu menu makanan yang bisa dianggap paling sehat karena dimasak dengan cara dikukus, tanpa minyak sehingga tidak tinggi kolesterol dan lemak, apalagi cara pemasakan pepes juga membuat nutrisi makanan tidak banyak yang hilang. Tapi tekadang dibutuhkan tips khusus agar pepes terasa enak dan nikmat tidak berair.

1. Memakai banyak bumbu

Memakai banyak bumbu akan memberi cita rasa lebih kaya pada pepes. Bumbu umum yang baiasa digunakan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam dan serai. Jika tak begitu masalah dengan penambahan sedikit minyak, bisa juga menumis bumbunya dulu hingga matang sebelum dibungkus menjadi pepes, cara ini mampu membantu mengeluarkan rasa sedap bumbu.

 

2. Bungkus daun pisang

Ada beberapa orang yang sulit menemukan daun pisang akhirnya membungkus pepes dengan alumunium foil atau plastik, sayangnya penggunaan pembungkus pengganti ini tidak akan memberikan rasa nikmat yang sama dibandingkan menggunakan daun pisang.

3. Lemaskan daun pisang

Sebelum menjadi pembungkus, lebih baik daun pisang dilemaskan dulu dengan cara memansakannya di atas api. Cara ini akan membuat daun tidak mudah sobek dan lebih mudah diatur dan dilipat sekaligus menambah aroma sedap pada pepes.

4. Panggang atau bakar pepes

Setelah dikukus matang, dan uapnya habis, panggang atau bakar pepes agar lebih sedap. Cara ini seringkali membantu menambah rasa sedap pada pepes.

Itu dia tips agar pepes terasa enak dan tidak berair setelah dimasak. Semoga bisa diterapkan ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Membuat Bakpao Berwarna Putih dan Bersih
Artikel Selanjutnya
Cara Menyimpan Kaldu Bubuk Agar Tidak Menggumpal