Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Perlu Dilakukan saat Merasa Salah Pilih Karier

ringkasan

  • Telusuri Akar Masalahnya
  • Perkaya Pengalaman dan Asah Kemampuan
  • Mencari Saran dan Masukan dari Orang Terpercaya

Fimela.com, Jakarta Hidup selalu dipenuhi oleh banyak pilihan. Tak terkecuali pilihan dalam berkarier. Ada orang yang bisa langsung mendapatkan karier yang tepat di hidupnya dalam sekali coba. Ada juga yang harus berkali-kali membuat pilihan berbeda untuk mendapatkan karier yang sesuai dengan keinginan.

Bagi yang saat ini merasa salah pilih karier, mungkin sedang dilanda dilema dan rasa bingung. Haruskah langsung resign dan berganti karier? Atau perlu mengambil jeda dan mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu sebelum mencoba sesuatu yang baru?

1. Telusuri Akar Masalahnya

Dilansir dari themuse.com, cobalah untuk mencari dasar alasan dari rasa tidak nyaman yang dialami. Mungkin lingkungan kerja yang kurang nyaman, rekan kerja yang terlalu mengintimidasi, kompetisi yang tidak sehat, atau masalah gaji yang kurang sesuai dengan keinginan. Jika masih ada yang bisa diubah untuk diperbaiki, maka cobalah untuk mengubahnya. Namun, jika merasa sudah lebih mantap untuk mencoba karier baru, pastikan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki sudah mumpuni.

 

2. Perkaya Pengalaman dan Asah Kemampuan

Sudah menemukan karier atau pekerjaan yang sekiranya lebih baik? Kini, saatnya untuk memperkaya pengalaman dan mengasah kemampuanmu untuk memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan tersebut. Saat akan melakukan transisi dalam karier atau pekerjaan, kita perlu tetap mempertimbangkan dan memperhitungkan mampu tidaknya kita melakoni sesuatu yang baru. Untuk itu, kita juga perlu bersikap realistis dengan mengasah kemampuan semaksimal mungkin agar sanggup menjalani transisi yang ada.

3. Mencari Saran dan Masukan dari Orang Terpercaya

Kadang kita perlu mencari saran dan masukan orang lain untuk mendapatkan sudut pandang baru. Akan ada risiko dan konsekuensi baru yang datang saat membuat perubahan baru. Di sini, kita perlu mempersiapkan diri menghadapi situasi yang tak terduga tersebut. Setidaknya saat ada hal yang terjadi di luar rencana, kita tak terlalu kaget atau terkejut dalam menghadapinya.

Apa pun pilihan yang kamu ambil dalam kariermu, semoga itu yang terbaik untukmu, ya. Semoga kesuksesan yang kamu impikan bisa segera tercapai.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Memberi Kesan Pertama yang Baik di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Resign