Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Urap, Trancam dan Gudangan

Fimela.com, Jakarta Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Di Pulau Jawa sendiri, ada beragam kuliner yang siap memanjakan lidah. Ada banyak makanan yang memiliki penampakan serupa atau sangat mirip tapi ternyata makanan tersebut berbeda.

Perbedaan pada setiap makanan di Pulau Jawa bukan hanya pada sajian dan rasanya. Perbedaan ini juga karena filosofi di dalamnya. Bicara mengenai makanan Jawa, tentu kita tak asing lagi dengan salad sayurnya orang Jawa yakni urap-urap, trancam serta gudangan. Ketiga makanan ini memiliki penampilan yang nyaris sama tapi ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Penasaran dengan perbedaan ketiganya?

Perbedaan Urap, Trancam dan Gudangan

Urap

Urap merupakan masakan yang terdiri dari berbagai sayuran rebus seperti daun keningkir, daun ketela pohon, bayam, potongan kacang panjang, kubis dan tauge. Aneka sayuran ini kemudian dibumbui kelapa parut yang telah dikukus bersama bumbu halus bawang putih, bawang merah, cabai merah, asam jawa, kencur, garam dan gula jawa. Urap cocok disajikan bersama nasi uduk hangat dan ayam lodho.

Trancam

Kuliner ini merupakan kuliner yang berasal dari Jawa Tengah. Trancam adalah sayur yang disajikan bersama kelapa parut bumbu. Perbedaan trandam dengan urap dan gudangan adalah trancam sayurnya tidak perlu direbus dulu. Trancam biasa disajikan di mana aneka sayuran dicincang halus kemudian dicampur bersama bumbu kelapa parut.

Gudangan

Sekilas, gudangan mirip dengan urap. Hanya saja sayur untuk gudangan lebih bervariasi yakni wortel iris korek api, kankung, sayur ada, keningkir, kubis, daun beluntas dan sejenisnya. Mentimun iris rajang halus dan kemangi terkadang juga ditambahkan pada sajian gudangan. Untuk bumbu gudangan juga kelapa parut yang telah dikukus bersama bumbu halus. Gudangan biasanya disajikan dengan telur dan ayam rebus.

Itulah perbedaan urap, trancam dan gudangan. Meski ketiganya memiliki tampilan yang mirip atau nyaris sama satu dengan lainnya, ketiga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dari beberapa kuliner di atas, mana yang menjadi favoritmu? Jangan sampai salah untuk membedakannya lagi ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading