Sukses

Lifestyle

4 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Pekerjaan Menyita Jam Tidurmu

Fimela.com, Jakarta Menjaga jadwal tidur yang tetap dan rutin bisa cukup sulit dilakukan. Terlebih bila kesibukan kerja semakin meningkat atau makin sering lembur, maka jam tidur kita bisa tersita. Jadwal rutin untuk tidur pun akan terganggu.

Untuk menjaga kebugaran tubuh saat pekerjaan menyita jam tidur, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut empat cara yang bisa dicoba untuk menjaga tubuh tetap sehat di tengah kesibukan kerja dan kurangnya jam tidur.

1. Jadwalkan Olahraga

Kesibukan kerja yang makin padat bisa membuat kita makin stres. Dilansir dari sleepfoundation.org, rasa cemas karena pekerjaan bisa membuat kita terjaga lebih lama di saat seharusnya kita tidur. Untuk mengatasi kecemasan tersebut, kita bisa melakukan olahaga. Setelah selesai bekerja, coba jadwalkan olahraga seperti ikut kelas Pilates atau sekadar jalan-jalan di sekitar kompleks rumah. Dengan aktivitas olahraga, tubu bisa lebih rileks dan dapat tidur dengan lebih nyenyak pada malam hari.

2. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Saat sedang sibuk bekerja, kadang kita lupa memenuhi asupan kebutuhan cairan tubuh. Selalu cukupi kebutuhan air putih untuk tubuhmu sebab bila dehidrasi dampaknya akan sangat memengaruhi kinerjamu. Dehidrasi bisa membuat kita sulit berkonsentrasi, pusing, dan letih.

 

3. Tidur Siang Singkat

Saat jam istirahat siang, coba manfaatkan untuk tidur siang singkat. Tidur siang singkat dapat membantu memulihkan energi tubuhmu. Tidur cukup selama 20 menit bisa sangat baik untuk menjaga kondisi tubuhmu. Tidak perlu terlalu lama, sebab bila tidur siang terlalu lama nantinya malah bisa berisiko membuat tubuhmu terasa lebih capek.

4. Berlatih Mindfulness

Setelah menonaktifkan semua gawai, satu jam sebelum tidur cobalah untuk duduk dengan nyaman dan latihan meditasi sebentar. Beberapa menit meluangkan waktu untuk meditasi atau latihan pernapasan sangat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan. Berlatihlah mindfulness. Mindfulness dapat didefinisikan sebagai suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini, tidak mengawang ke masa lalu ataupun masa depan.

Jika dirasa perlu, kita juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai kita mengorbankan kesehatan karena kesibukan pekerjaan, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading