Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Mengatasi Menstruasi yang Tidak Lancar

Fimela.com, Jakarta Menstruasi menjadi salah satu hal yang tak asing bagi setiap perempuan. Perempuan yang masuk usia remaja akan mulai mendapati dirinya menstruasi. Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami perempuan di mana ditandai dengan keluarnya darah menstruasi dari miss V. Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai bagian dari bekerjanya sistem reproduksi perempuan.

Melansir dari laman health.com, umumnya siklus menstruasi terjadi setiap 28 hingga 36 hari. Waktu menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Meski begitu, setiap perempuan mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang siklusnya lebih pendak dan ada pula yang siklusnya lebih panjang.

Mengenai menstruasi yang terjadi dengan siklus panjang atau sering telat, ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal tersebut mulai dari stres, pola hidup tak sehat, adanya risiko penyakit, konsumsi pil KB, gejala menopause, adanya sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan beberapa hal lainnya. Saat mendapati siklus menstruasi tidak lancar atau sering telat, apa yang bisa dilakukan Sahabat Fimela?

Mengatasi Menstruasi Tak Lancar

Para ahli mengungkapkan jika pengobatan untuk siklus menstruasi yang tidak lancar sebaiknya disesuaikan dengan penyebab kenapa menstruasi tak lancar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi siklus menstruasi tidak lancar. Cara tersebut mulai dari menerapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Pola hidup tak sehat dan tidak teratur menjadi penyebab utama kenapa menstruasi tak lancar.

Cara selanjutnya agar menstruasi lancar adalah ganti alat kontrasepsi, lakukan pengobatan tiroid jika penyebab tidak lancarnya menstruasi karena masalah tiroid dan lakukan pengobatan PCOS. Pastikan untuk mencari tahu kenapa siklus menstruasimu tidak lancar dan konsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya.

Hindari stres, lelah berlebih dan melakukan aktivitas yang terlalu berat agar siklus menstruasi kembali lancar. Jaga berat badan tubuh agar tidak terlalu kurus dan terlalu gemuk. Berat badan yang tidak ideal juga berpengaruh pada siklus menstruasi. Miliki waktu istirahat, olaharga dan konsumsi air putih cukup ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Cegah Perut Kembung saat Haid
Artikel Selanjutnya
Cegah Nyeri Haid yang Menyiksa, Coba 4 Tips Ini