Sukses

Lifestyle

3 Manfaat Latihan Tabata, Olahraga 4 Menitan yang Intens

Fimela.com, Jakarta Tabata training atau Tabata protocol adalah latihan interval intens yang secara khusus dilakukan untuk meningkatkan detak jantung dalam waktu singkat. Dirancang oleh Izumi Tabata, Ph.D., di National Institute of Fitness and Sports di Tokyo, Tabata dibuat berdasarkan metode interval waktu. Dalam latihan ini, kita melakukan olahraga 20 detik dengan intensitas tinggi dan beristirahat 10 detik, diulangi 8 kali sehingga latihan dilakukan sekitar 4 menitan.

Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi membantu membangun kelompok otot yang lebih besar dibandingkan olahraga tradisional lainnya. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, selain membuat tubuh lebih bugar, latihan Tabata bisa membantu lebih banyak kalori saat dan setelah olahraga. Berikut tiga manfaat utama dari latihan Tabata.

1. Membakar Lemak

Latihan Tabata dapat membakar banyak kalori tubuh dalam waktu singkat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Wisconsin-La Crosse, dengan latihan Tabata, tubuh akan membakar 15 kalori setiap menit. Bagi yang sedang berusha menurunkan berat badan, latihan Tabata bisa menjadi cara yang cukup efektif.

 

2. Meningkatkan Ketahanan (Endurance)

Melakukan latihan Tabata empat kali seminggu dapat meningkatkan kapasitas anaerobik sebanyak 28% dan kapasitas oksigen yang diasup selama olahraga sebanyak 15%. Kapaitas anaerobik adalah banyaknya energi yang diproduksi oleh tubuh dengan membakar karbohidrat. Latihan Tabata diyakini dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh kita.

3. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Karena Tabata adalah olahraga dengan intensitas tinggi, maka melakukan olahraga ini dapat membantu kita untuk lebih fokus. Daya konsentrasi bisa meningkat. Perlu diketahui bahwa Tabata adalah olahraga yang kurang cocok untuk pemula karena intensitasnya yang tinggi. Jika masih pemula, coba lakukan olahraga yang lebih simpel dan mudah. Bila memaksakan diri langsung melakukan Tabata, dikhawatirkan dapat menyebabkan cedera otot.

Semoga info ini bermanfaat dan tetap semangat berolahrga, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh dan Mental
Artikel Selanjutnya
Jarang Disadari, Ini 7 Manfaat Olahraga Aerobik untuk Badan