Sukses

Lifestyle

Sudah Monolog Hari Ini? 3 Manfaat Berbicara pada Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya setiap saat kita selalu berbicara pada diri sendiri. Setiap waktu kita berdialog dengan diri sendiri. Namun, belum banyak yang dengan sengaja bermonolog dan berbicara dengan sendiri secara lantang.

Berbicara dengan diri sendiri ternyata bisa memberi dampak positif pada kesehatan mental kita. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, berbicara dengan diri sendiri dapat membantu kita memegang kendali atas sikap dan memudahkan kita mengatur pikiran, ingatan, dan rencana kita dengan lebih efisien. Berikut tiga manfaat besar dari berbicara dengan diri sendiri.

1. Membantu Kita Mencapai Target-Target Kita

Berbicara dengan diri sendiri dan terus mengulang kalimat-kalimat positif di depan cermin dapat membantu kita untuk menapai target-target kita. Dalam pertandingan olahraga, kerap kita menjumpai atlet menyemangati diri sendiri dengan, "Kamu bisa!" atau, "Ayo sedikit lagi!" Berbicara dengan diri sendiri bisa jadi cara kita untuk mengingatkan diri dan menyemangati untuk mencapai target yang sudah dibuat.

 

2. Memudahkan Kita Membagi Prioritas

Ketika ada banyak hal yang harus diatur dan dikerjakan, kadang kita merasa kewalahan dan bingung menghadapinya. Dengan berbicara pada diri sendiri dan menyampaikan kalimat-kalimat positif untuk diri sendiri, kita bisa lebih fokus dan mudah membagi prioritas yang ada. Kita bisa lebih mudah mengurai kerumitan yang ada di dalam benak kita.

3. Bisa Lebih Tenang saat Menghadapi Situasi Sulit

Berbicara dengan diri sendiri bisa jadi cara untuk menghibur diri. Saat dihadapkan pada masalah atau saat-saat sulit, kita bisa lebih mudah menenangkan diri dan memproses keadaan dengan pikiran lebih jernih. Ketika kita tak bsia mengandalkan orang lain, maka satu-satunya orang yang bisa kita andalkan adalah diri kita sendiri.

Bermonolog dan berbicara dengan diri sendiri bisa jadi cara mudah untuk menjaga kewarasan kita. Sekarang saatnya untuk menatap cermin dan katakan hal-hal manis pada refleksi diri yang muncul di depanmu.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading