Sukses

Lifestyle

Menjaga Berat Badan Ideal Bermanfaat Meningkatkan Kesuburan

Fimela.com, Jakarta Memiliki kandungan yang subur adalah impian dari setiap perempuan. Untuk mendapatkan kandungan yang subur, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal tersebut mulai dari menerapkan pola hidup sehat, memiliki istirahat dan olahraga cukup serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

Melansir dari laman parents.com, berat badan berpengaruh besar pada kesuburan seseorang. Berart badan juga memiliki peranan penting ketika seseorang ingin cepat hamil. Para ahli menemukan jika perempuan dengan berat badan terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa mengalami penurunan kesuburan. Tubuh dengan berat badan kurang atau lebih juga sangat mungkin meningkatkan berbagai risiko penyakit mudah menyerang tubuh.

Berat Badan Mempengaruhi Kesuburan

Studi yang dilakukan para ahli menemukan jika tubuh yang terlalu kurus atau gemuk kemungkinan akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Jika hormon di tubuh kurang seimbang, secara otomatis ini akan membuat kesuburan kandungan juga tak seimbang.

Dalam beberapa kasus, berat badan yang kurang ideal juga berpengaruh pada kelancaran menstruasi. Perempuan yang terlalu kurus dan gemuk bisa mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak lancar. Ini terjadi karena hormon di tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Tubuh yang terlalu gemuk, akan memproduksi lemak dalam jumlah cukup banyak. Produksi lemak ini yang kemudian mengganggu atau menghambat produksi hormon kesuburan dalam tubuh.

Christopher Williams, M.D, seorang ahli kebidanan dan kandungan mengungkapkan jika berat badan yang berlebih bisa berpengaruh pada proses ovulasi. Kegemukan umumnya disebabkan oleh kadar lemak dan glukosa di tubuh yang berlebih. Kelebihan lemak dan glukosa inilah yang kemudian menurunkan kesuburan perempuan. Perbaiki pola hidupmu dan jaga berat badan ideal agar dirimu makin subur dan cepat hamil.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Terapkan Diet Keto Bisa Tingkatkan Kesuburan Perempuan!