Sukses

Lifestyle

Enaknya Menikmati Kentang Goreng Belgia Sebagai Camilan Sore

Fimela.com, Jakarta Sebagai camilan, kentang goreng umumnya dikenal french fries yang berasal dari Prancis. Padahal awal mula kentang goreng berasal dari Belgia yang diperkenalkan sekitar tahun 1600.

Ketika mengunjungi Belgia, kamu bisa menemukan frietkot atau gerai penjual kentang goreng di setiap sudut kota. Sehingga kamu dapat dengan mudah menikmati kentang goreng yang menjadi warisan budaya Belgia ini.

Untuk menjaga budaya tersebut, Pangeran Laurent seecara resmi menobatkan James Bint sebagai duta budaya kentang goreng di seluruh dunia pada 2017. Sebagai duta kentang goreng, James Bint berjanji untuk memastikan kentang goreng Belgia akan menjadi camilan lezat untuk dinikmati di seluruh dunia.

Oleh karena itu, James Bint pun merumuskan delapan langkah untuk membuat kentang goreng yang enak. Penasaran bagaimana proses pembuatannya?

  1. Kentang harus dipanen merupakan kentang yang berasal dari tanah yang baik.
  2. Setelah dipanen, kualitas kentang perlu diperiksa untuk mencari kentang yang berkualitas baik.
  3. Kentang yang sudah dipilih akan dicuci
  4. Setelah dicuci, kentang pun dikupas
  5. Kentang yang sudah dikupas akan dipotong menjadi berbagai ukuran tergantung selera. Bisa dengan ukuran tipis, sedang, dan tebal.
  6. Kentang pun digoreng di dalam minyak panas.
  7. Setelah digoreng, kentang pun kemudian dibekukan
  8. Setelah dibekukan, kemudian kentang akan diekspor dari Belgia ke berbagai negara.

 

Perbedaan dengan kentang goreng biasa

Ketika sampai ke tangan konsumen, kentang belgia inni bisa dinikmati dengan cara digoreng kembali terlebih dahulu. Digoreng hingga kuning keemasan dan kemudian dinikmati dengan sedikit garam dan mayonaise.

Yang membedakan kentang goreng Belgia dengan kentng goreng biasa adalah dari segi warna dan tekstur. Dari segi warna, kentang Belgia memiliki warna yang lebih kuning dari kentang Amerika meski sudah digoreng

Sementara dari segi tekstur, kentang dari Belgia ini memiliki tekstur yang renyah namun lembut di dalam setelah digoreng. Hal ini dikarenakan kentang Belgia ditanam tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips agar Kentang Goreng Krispi dan Tidak Menyerap Banyak Minyak