Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Usus Ayam Sebelum Diolah dan Dimasak

Fimela.com, Jakarta Karena berada di dalam tubuh ayam, secara alami usus ayam akan memiliki bau dan rasa amis. Belum lagi bau yang tidak sedap karena sisa isi perut ayam. Nah, tak ingin ada bau dan rasa tak sedap pada usus ayam saat sudah matang kan? Begini cara membersihkan sebelum mengolah atau memasak usus ayam.

1. Cuci dan rendam dengan jeruk nipis/cuka

Segera setelah membelinya, lumuri usus dengan air jeruk nipis atau jika tak ada, bisa diganti dengan cuka. Rendam kurang lebih 15 menit dan bilas setelahnya untuk menghilangkan lendir, kotoran dan bau.

2. Rebus dengan rempah

Bisa juga merebus usus ayam dengan daun salam, jahe dan lengkuas. Aroma kuat ketiga rempah ini akan menghilangkan bau amis dan tak sedap karena sisa perut ayam. Buang air rebusannya dan cuci bersih, setelah itu bisa dimasak.

3. Rebus dua kali

Jika tak menggunakan rempah untuk merebusnya, bisa juga melakukan dengan cara merebus dua kali. Bukan hanya membuat usus lebih bersih dan menghilangkan baunya tapi juga memastikan tak ada bakteri yang mengontaminasi.

4. Cuci dengan air kapur sirih

Cuci bersih usus setelah dibeli kemudian cuci lagi dengan air kapur sirih. Akan lebih baik jika direndam dulu selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas.

5. Rebus dengan air kelapa

Jika kebetulan punya kelapa di rumah, bisa juga membersihkan usus ayam dengan merebusnya menggunakan air kelapa. Rebus usus dengan air biasa kemudian tiriskan dan cuci bersih, lalu rebus dengan air kelapa untuk menghilangkan amis dan membuat usus lebih gurih.

Itu dia sekian cara membersihkan usus ayam sebelum dimasak menjadi berbagai olahan makanan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Kue Tiramisu Simpel Tanpa Oven 5 Bahan Saja
Artikel Selanjutnya
Tips agar Saus Meresap dan Menempel pada Pasta, Gunakan Cara Ini