Sukses

Lifestyle

Mengenal Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren

Fimela.com, Jakarta Salah satu kuliner paling favorit di tahun 2020 adalah minuman brown sugar. Apa itu brown sugar? Selain gula pasir dengan warna putih bersih, kita juga mengenal brown sugar. Ini merupakan gula yang biasa digunakan untuk bahan campuran kue, minuman, saus dan segala masakan.

Warna brown sugar merah kecokelatan. Ini sangat mirip dengan palm sugar atau gula aren. Tampilannya yang mirip sering membuat kedua pemanis ini dikira sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara satu dan lainnya. Penasaran apa perbedaan brown sugar dan palm sugar atau gula aren?

Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren

Brown Sugar

Brown sugar adalah gula yang terbuat dari tebu. Namun, brown sugar diberi sirup molase saat proses pembuatannya sehingga warnanya jadi lebih cokelat. Warna cokelat brown sugar mulai dari warna terang hingga warna cokelat tua. Gula ini berbentuk butiran krisyal atau pasir dan sangat mirip dengan gula pasir. Rasa brown sugar manis dengan aroma karamel yang khas. Ini bisa digunakan untuk pemanis kue dan minuman.

Gula Aren atau Palm Sugar

Sesuai namanya, gula ini terbuat dari nira pohon aren. Gula aren umumnya berbentuk padat seperti gula jawa. Tapi beberapa penjual telah menghaluskan gula aren sehingga bentuknya halus seperti gula pasir. Dibandingkan brown sugar, gula aren memiliki warna yang cokelat pekat. Tekstur gula aren kasar dan padat.

Untuk rasa, gula aren memiliki rasa yang sangat manis dan aromanya khas seperti air nira. Banyak orang menggunakan gula aren untuk bumbu masakan tradisional mulai dari gudeg, semur dan baceman. Gula aren juga sering digunakan untuk saus kue tradisional Jawa, dicampur di adonan kue serta dibuat pemanis aneka wedang tradisional Jawa.

Itulah perbedaan brown sugar dan gula aren atau palm sugar. Jangan salah lagi dalam membedakan keduanya ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Lembapkan Kulit dengan Resep Body Scrub dari Brown Sugar dan Minyak Alami