Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Kentang Tidak Berubah Hitam Setelah Dikupas

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak makanan dengan menggunakan bahan kentang, biasanya kentang yang dikupas akan mengalami berubah warna kehitaman jika dibiarkan. Sayangnya, warna kehitaman ini tidak bisa hilang meskipun sudah dicuci bersih sehingga membuat tampilan kentang kurang menarik.

Perubahan warna ini akibat oksidasi permukaan kentang karena mengalami kontak dengan udara. Untuk mencegah ini terjadi, ini cara yang bisa dilakukan agar kentang tak berubah warna.

1. Rendam air garam

Segera setelah mengupasnya, masukkan ke dalam air yang sudah dicampur garam secukupnya. Gosok permukaannya sebentar untuk menghilangkan tanah yang tidak sengaja menempel, dan lanjutkan mengupas kentang lainnya.

2. Rendam dalam air lemon/cuka

Jika tak ingin merendamnya di dalam air garam, bisa diganti dengan air leom atau cuka. Tuang air lemon secukupnya ke dalam wadah air bersih dan langsung masukkan kentang yang sudah dikupas ke dalamnya. Cukup direndam sebentar saja. Sesuaikan takarannya agar kentang tidak berubah asam setelah direndam.

3. Rendam air es

Bisa juga menggunakan es untuk mencegah berubah warna. Jika menggunakan air biasa, perlu diganti ketika airnya keruh agar kentang lebih bersih, sedangkan jika menggunakan air es, kentang akan lebih tahan lama. Pastikan saja semua kentang terendam.

4. Rebus sebentar dalam air mendidih

Merebus kentang selama kurang lebih 1-2 menit saja mampu menghancurkan enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang sehingga tidak akan mengalami oksidasi yang menyebabkan kentang mudah berubah warna saat terkena udara.

Intinya, langsung rendam kentang di dalam air segera setelah dikupas agar tidak berubah warna jika ingin dikupas dulu. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Terbaik Mencairkan Daging Beku sebelum Dimasak
Artikel Selanjutnya
Tips Memotong Bawang tanpa Menangis