Sukses

Lifestyle

4 Hal Ini Dapat Membuat Perempuan Lebih Mudah Menangis

Fimela.com, Jakarta Menangis adalah sebuah bentuk emosi yang diluapkan untuk mengungkapkan sebuah perasaan, ini adalah hal yang wajar dialami setiap orang, terlebih lagi bagi perempuan. Banyak orang menangis disebabkan oleh berbagai macam alasan. Dilansir dari shape.com (11/12/2019) inilah 4 alasan yang seringkali menjadi penyebab utama mengapa para wanita mudah mengeluarkan air mata. Simak selengkapnya berikut ini.

1. PMS

Hari-hari menjelang menstruasi kadar estrogen dan progesteron berubah naik dan turun tidak menentu, otak yang bertanggung jawab untuk merespon suasana hati akan terpengaruh. Hal ini dapat memicu iritabilitas, perubahan suasana hati menjadi murung, dan berakhir dengan sesi menangis. Jika kamu sudah merasa stres atau cemas, PMS dapat memperbesar perasaan atau suasana tersebut itu sehingga membuatmu menangis sekencang-kencangnya. Kamu dapat menunggu sampai gejala PMS hilang atau jika memang sangat menggangu, kamu bisa meminta bantuan dokter ahli untuk memeriksa apakah ada gejala lain seperti bentuk PMS lainnya yang lebih jarang dan jauh lebih melemahkan.

2. Depresi

Menangis biasanya terjadi karena kamu sedang merasa sedih dan tidak bisa berpikir jernih, bukan? Hati-hati, perasaan sedih yang bertahan selama setidaknya dua minggu adalah tanda depresi klinis. Kondisi ini juga mengungkapkan emosi seperti frustasi, kemarahan, atau luapan emosi. Masing-masing bentuk emosi ini dapat menyebabkan kita mudah menangis, jadi jika kamu mengalaminya, segera temui dokter dan tanyakan apa yang terjadi pada dirimu. Bahkan jika kamu tidak sedang merasa sedih namun emosi kerap kali meluap segera konsultasikan ke dokter ahli.

3. Tertekan

Semua orang bisa merasa stres. Cobalah untuk menyisihkan waktu dan tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya membuat kamu merasa stres. Pikirkan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Walaupun stres itu sendiri bukanlah kondisi medis formal, stres yang berlebihan dapat memperburuk masalah fisik mulai dari gangguan pencernaan hingga penyakit jantung.

 

4. Kecemasan

Sering merasa panik hingga jantung berdebar? Hal ini dapat membatasi ruang gerakmu dalam menjalankan kehidupan sehari-hari ini bisa menjadi alasan kamu menangis. Faktanya, gangguan kecemasan seringkali terjadi pada perempuan, dan semua emosi yang ditimbulkannya dapat menyebabkan seringnya menangis. Bahkan ketika tidak merasa panik sekalipun. Jangan dibiarkan berlama-lama, konsultasikan segera dengan dokter agar kamu dapat menjalani hidup seperti semula.

Jangan lagi mengabaikan alasan mengapa kamu menangis, bisa jadi itu adalah hal serius yang harus segera ditangani.

 

Penulis: Iffah Nurahmah

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading