Sukses

Lifestyle

3 Tips Meningkatkan Level Kemampuan Berbahasa Inggris yang Tidak Membosankan

Fimela.com, Jakarta Kemampuan berbahasa Inggris bukan lagi pilihan. Pasalnya, kemapuan berbahasa Inggris yang baik sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari, dunia kerja, hingga menjalin hubungan baik para kenalan dari berbagai belahan dunia. Namun, mempelajari salah satu bahasa yang wajib dikuasai ini memang tidak mudah. 

Apa lagi ketika kamu stuck di satu level tertentu. Biasanya, kamu akan stuck di level intermediate dan sangat sulit untuk naik ke level advance. Ini dinamakan intermediate English plateau. 

Hal ini, tulis Better at English, terjadi karena berbagai hal. Namun, faktor utama antara lain kamu sudah merasa nyaman berada di level intermediate. Kamu sudah bisa berbicara dengan native dan tidak masalah ketika menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle.

Tetapi, kosa katamu mungkin belum cukup untuk bisa membaca koran tentang bisnis, ekonomi, politik, dan sebagainya. Untuk dapat meningkatkan level bahasa Inggris kamu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba demi meningkatkan kemampuan, termasuk menambah kosa kata. 

Banyak Membaca

Tidak perlu membuat sebuah daftar 100 kosa kata yang ingin kamu hapal. Mungkin, cara ini bisa berhasil namun agak membosankan. Agar tidak bosan, kamu bisa menambah kosa kata dengan membaca banyak buku berbahasa Inggris. 

Kamu bisa mencatat kata yang sangat asing. Lalu, cari artinya di kamus. Semakin sering kamu melihat kosa kata tersebut, semakin kamu ingat. Lama kelamaan, kosa katamu akan bertambah banyak tanpa harus stres menghapal per kata. 

Berbicaralah kepada Native Speaker

Melatih kemampuan listening dan speaking memang bisa kamu lakukan bersama teman-teman. Tetapi, jika kamu ingin terdengar hampir seperti native, kamu harus mulai banyak berbicara dengan para native speaker. Kini ada banyak jalan untuk 'bertemu' dengan orang asing. Jika tidak memiliki teman orang asing, kamu bisa bergabung ke grup online di mana kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama-sama. 

Audio Book

Membaca buku berbahasa Inggris itu penting. Kosa katamu bisa bertambah banyak. Tetapi, kamu tidak tahu bagaimana cara mengucapkan kata yang baru kamu temukan. Untuk itu, cobalah 'membaca' lewat audio book. Selain melatih kemampuan listening, kamu juga bisa mendengarkan sambil membaca teksnya. Sehingga, kamu tahu bagaimana cara melafalkan kata-kata asing yang baru saja kamu tahu dengan benar. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kepercayaan Diri Saat Menggunakan Bahasa Asing Jadi Faktor Pendukung Utama
Artikel Selanjutnya
Bahasa Inggris, Kompetensi untuk Hadapi Tantangan di Masa Depan