Sukses

Lifestyle

Tranquil Dawn, Tren Warna untuk Interior di Tahun 2020

Fimela.com, Jakarta Setiap tahunnya memilii tren warna baru yang berbeda-beda. Begitu juga halnya dalam interior dan dekorasi. Hal ini dilakukan untuk memberikan variasi dan suasana baru pada ruanganmu. Untuk itu warna “Tranquil Dawn” hari ini diperkenalkan sebagai Colour of the Year untuk tahun 2020 oleh Dulux, merek cat dinding dekoratif dari AkzoNobel.

Tahun 2020 merupakan awal dekade baru yang dipersepsikan sebagai permulaan yang baru. Dalam dunia digital yang semakin penuh dengan kesibukan ini, banyak dari kita yang merasa perlu untuk mencari makna akan kehidupan dan kebaikan. Berangkat dari pemikiran tersebut, para ahli warna Dulux berhasil menciptakan Tranquil Dawn, sebuah warna baru yang terinspirasi dari keindahan langit di pagi hari.

Proses dari pemilihan tren warna Tranquil Dawn merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli Dulux. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa di tahun 2019 orang-orang di seluruh dunia tengah mengalami kesibukan di keseharian dan dunia digital.

Untuk itu di tahun 2020 ini, Dulux ingin mengajak banyak orang untuk membuat kehidupan yang lebih baik dan bermakna, seperti bercengkrama dengan keluarganya di rumah, serta menemukan rasa nyaman dan kenang di tempat tinggalnya. Tranquil Dawn merupakan cerminan dari aspirasi tersebut, sebuah warna yang dapat mengembalikan manusia pada sisi kemanusian ‘Human Touch’, serta menemukan makna dalam kehidupan.

"Perusahaan kami, bekerja dengan para profesional desain terkemuka dalam mempelajari dan melalukan riset terkait tren warna terbaru untuk setiap tahunan-nya. Warna yang dipilih sebagai Dulux Colour of The Year merupakan warna yang didasari oleh penelitian yang matang, sehingga memiliki filosofi yang kuat. Tahun ini kami meluncurkan Dulux Colour of The Year 2020 ‘Tranqul Dawn’, dengan harapan di tahun yang baru, kita dapat merefleksikan diri, menjadi manusia yang lebih positif," kata Indra Laban President Director PT ICI Paints Indonesia.

Pemilihan Dulux Colour of the Year yang kini memasuki tahun ke-17 dilakukan setiap tahunnya untuk membantu kamu dalam menentukan pilihan tren warna dan desain melalui inspirasi, visualisasi, pilihan produk dan aplikasi. Kamu dapat menggunakan sejumlah alat yang telah tersedia untuk menentukan pilihannya, yaitu dengan menggunakan colour tester dan solusi digital inovatif seperti Visualizer.

Tahun ini, Dulux berkolaborasi dengan desainer interior profesional, Alvin Tjitrowirjo, pemilik dari Alvin T Studio untuk menampilkan warna Tranquil Dawn melalui desain nya yang menawan.

"Melihat tren saat ini, orang benar-benar membutuhkan ketenangan dan keheningan untuk merefleksikan diri mereka di tengah komitmen yang dinamis terhadap kehidupan di kota besar, saya pikir pemilihan tema warna Tranquil Dawn dari Dulux sangat tepat. warna yang lembut tetapi tidak terlihat sendu memiliki sentuhan hangat seperti hubungan manusia yang harmonis. Ini bisa menjadi inspirasi untuk dekorasi bagi mereka yang ingin kembali menghadirkan sentuhan manusia di setiap sudut ruangan," kata Alvin.

 

Palet warna dari tren Tranquil Dawn

Palet yang dirancang serbaguna ini juga memungkinkan konsumen dan desainer untuk menggunakan Colour of The Year dengan cara yang mencerminkan siapa mereka, bagaimana mereka ingin merasakan, bekerja dan bermain di rumah, atau di lingkungan kerja mereka. Warna teduh halus di antara hijau, biru dan abu-abu, merupakan fitur Tranquil Dawn di keempat palet Colour of The Year 2020.

Masing-masing dari empat palet warna tersebut menampilkan Tranquil Dawn, tetapi dengan efek yang berbeda. The Care Pallete adalah campuran warna netral dan lembut yang diilhami oleh pagi di musim semi. The Play Palette mewujudkan energi transformatif dari hari musim panas yang cerah. The Meaning Pallete mengingatkan akan cakrawala cerah dan sejuk di hari musim dingin. Terakhir The Creativity Pallete dipenuhi oleh nada-nada yang intens dan kaya dari hari musim gugur yang hangat.

 

Pengaruh warna pada suasana hati

Dulux turut menghadirkan Reza Gunawan, seorang praktisi penyembuhan emosional, untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh warna terhadap suasana hati dan emosi. Warna bukan sesuatu yang hanya digunakan untuk mempercantik dan memperindah ruangan saja, tetapi lebih dari itu, warna memiliki peranan yang lebih mendalam.

"Warna dapat mempengaruhi suasana hati kita. Dalam ilmu penyembuhan tradisional, warna juga punya peranan dan fungsi kesehatan bagi tubuh manusia. Palet warna Tranquil Dawn yang tenang seperti warna yang fajar yang baru terbit, menenangkan kita dengan sentuhan warna alaminya," kata Indra.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Intip Prediksi Tren Interior untuk Tahun 2020