Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Teman Akan Hilang Satu Per Satu saat Semakin Tua Dirimu

Fimela.com, Jakarta Kita pasti bisa membandingkan bagaimana hubungan pertemanan yang kita miliki dulu dan sekarang. Dulu saat masih kuliah atau SMA, punya banyak teman sepertinya sangat wajar. Saat keluar main bareng, pasti ramai dan banyak yang ikut. Namun mungkin semuanya berbeda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science menemukan bahwa orang-orang akan mulai mengurangi teman-teman mereka saat memasuki usia 25 tahun. Semakin tua akan semakin sedikit teman.

Kamu hanya bisa menyebutkan satu dua teman saja yang paling dekat dan bisa diajak bertemu. Tidak perlu heran, karena ternyata perubahan usia juga membawa banyak perubahan dalam kehidupan sosial.

Semakin Tua Semakin Sedikit Teman

Seperti dikatakan penulis buku The Friendship Crisis, Marla Paul, dalam New York Times, "Setelah usia 30 tahun, banyak orang mengalami perubahan pengertian mengenai hubungan pertemanan. Menemukan banyak hal dalam diri orang lain akan membuatmu menilai dan memutuskan orang-orang seperti apa yang sebaiknya mengelilingimu."

Dengan sendirinya kita akan menentukan apa yang menjadi prioritas. Dengan sendirinya kepentingan pekerjaan, diri sendiri, keluarga atau rumah tangga dan anak akan menguras sebagian besar waktumu sehingga sangat memungkinkan mengesampingkan pertemanan.

Profesor sosiologi dan gerontologi, Rebecca G. Adams, mengungkapkan ada 3 faktor yang membuat seseorang memutuskan 'menyimpan' beberapa teman, yaitu kedekatan, seringnya interaksi dan kondisi yang membuatnya terbuka satu sama lain.

Jadi, jika temanmu tidak memiliki tiga fakor di atas, jangan heran jika kamu tak akan menghubungi mereka lagi, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading