Sukses

Lifestyle

Kenali Gejala Kanker Ginjal yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kanker Ginjal sontak menjadi bahan pembicaraan. Pasalnya, penyanyi Vidi Aldiano baru saja mengungkapkan bahwa dirinya mengidap kanker ginjal. Ia mengumumkan penyakit yang dideritanya lewat akun media sosial miliknya. Dan Kanker Ginjal yang dimiliki Vidi Aldiano juga harus diangkat dengan cara operasi.

Seperti data yang dihimpun dari Liputan6.com, ternyata kanker ginjal merupakan sel-sel pada ginjal yang menjadi ganas dan tumbuh di luar kendali. Umumnya, kanker ginjal juga ditemukan pada lapisan tabung kecil, atau dikenal dengan tubulus pada ginjal.

Penyebab kanker ginjal yang dialami Vidi ldiano belum diketahui. Tapi pada umumnya, kanker ini terjadi pada orang-orang dengan usia di atas 40 tahun. Dan faktor gaya hidup juga jadi pemicu lainnya, merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, penggunaan obat penghilang nyeri dalam jangka panjang bisa memicu terjadinya kanker ginjal.

Lalu, bagaimana ciri kanker ginjal yang harus kita waspadai?

Ciri-ciri kanker ginjal

1. Urine berdrah

Kanker ginjal stadium awal sangat sulit terdeteksi. Bisanya, tanda kurang spesifik dan cenderung tersembunyi. Saat tubuh sudah menimbulkan gejala yang tak biasa, biasanya kanker ginjal sudah masuk stadium lanjut. Dan salah satunya ditandai dengan buang air kecil disertai darah. Saat kamu dihadapi dengan tanda ini, maka jangan sekali-kali menghirauknnya.

2. Benjolan di pinggang

Kanker ginjal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada awal kemunculannya. Namun, jika kamu merasakan tonjolan di sekitar ginjal, baik di depan, samping, atau punggung bagian bawah, maka saatnya untuk waspada.

3. Nyeri pinggang

Bukan dikarenakan terlalu lama duduk atau lelah beraktivitas. Tapi nyeri pinggang juga patut diwaspadai, karena ini juga sebagai salah satu dari tanda kamu mengalami kanker ginjal.

4. Cepat lelah

Sering cepat lelah, berat badan turun, adalah salah satu tanda dari kanker ginjal. Di saat kamu sudah merasakan hal seperti ini, maka bergegaslah untuk memeriksakannya ke dokter segera!

5. Anemia

Tubuh yang cepat lelah juga bisa dikarenakan sel darah merah yang rendah. Hormon erythropoietin yang dilepas oleh ginjal biasanya akan mendorong sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Dan bisanya jika fungsinya menurun maka bisa jadi pertanda kamu menglami kanker ginjal. Segeralah untuk lakukan pengecekan agar kamu bisa mengetahui masalah kesehatan sesegera mungkin, sebelum terlambat.

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading