Sukses

Lifestyle

Tidak Mengandung Plastik, Nata de Coco Baik untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Nata de Coco merupakan salah satu bahan makanan yang sering ditambahkan di minuman agar lebih lezat. Rasanya yang kenyal dan segar menjadi favorit banyak orang.

Tak hanya enak, air kelapa yang diolah menjadi serat selulosa ini ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Dr Ing Azis Boing Sitanggang, STP, MSc Ahli Teknologi Pangan dari IPB, mengatakan selulosa dari nata de coco sangat unik, karena memilili kemurnian jauh lebih tinggi. Yang artinya bisa memenuhi serat pangan tidak larut.

"Jadi baik untuk pangan, yang memiliki fungsi banyak untuk kesehatan," ujarnya.

Dokter spesialis gizi klinis dari RSU Tangerang Selatan, dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK, juga mengatakan nata de coco sangat baik untuk saluran pencernaan dapat bertahan di lambung, jadi memberikan kenyang yang lebih lama.

"Jadi baik untuk diet. Nata de coco baik untuk saluran cerna karena dia tidak dicerna tapi dia masuk sampai ke dalam usus besar. Itu dia menghasilkan laktat dan asam lemak rantai pendek yang tadi fungsinya dia dapat menghasilkan energi dan dia dapat menurunkan penyerapan lemak," paparnya.

Selain itu, serat nata de coco dapat menurunkan kadar kolesterol. Bagi mereka yang mengidap diabetes nata de coco juga baik untuk kestabilan kadar gula darah.

Tidak mengandung plastik

Sayangnya, beberapa waktu belakangan ini, banyak tersebar video hoax terkait bahwa nata de coco mengandung plastik. Melihat perasalahan ini Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), memberitahukan bahwa isi dari video tersebut adalah tidak benar dan mengandung informasi yang salah.

Dikutip dari Lipi.go.id, Puslit Bioteknologi-LIPI turut menjelaskan bahwa nata de coco sebenarnya adalah selulosa murni produk kegiatan mikroba Acetobacter xylinum yang dibuat dari air kelapa dan dikonsumsi sebagai makanan berserat yang menyehatkan. Sehingga bisa menjadi salah satu alternatif pangan sumber serat (dietary fiber).

"Serat selulosa itu dikira plastik, jadi berpikir seluso itu plastik karena mirip. Padahal selulosa itu baik untuk kesehatan," tutup Dr. Azizi

#Growfearless with Fimela

;
Loading

Live Streaming

Powered by