Sukses

Lifestyle

3 Tips Mengolah Krecek agar tak Hancur saat Dimasak

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar bahan masakan yang disebut krecek? Krecek atau rambak sayur terbuat dari kulit sapi. Ada juga yang terbuat dari kulit kerbau. Krecek sering dijumpai pada berbagai jenis menu atau masakan khas Jawa.

Krecek punya tekstur yang kenyal. Hanya saja bila salah mengolahnya, krecek akan hancur saat dimasak dan hal ini jelas memengaruhi kelezatannya. Agar krecek tidak mudah hancur saat dimasak, perhatikan sejumlah tips berikut ini.

1. Pilih Krecek yang Tebal

Inign membuat olahan krecek dengan kuah santan seperti sayur krecek? Pilihlah jenis krecek yang tebal dan berwarna kecokelatan. Biasanya yang terbuat dari kulit kerbau punya tekstur yang lebih tebal. Namun, tidak menutup kemungkinan krecek yang terbuat dari kulit sapi juga ada yang tebal.

2. Tidak Perlu Direndam

Krecek yang akan diolah atau dimasak bisa cukup dicuci bersih kemudian dimasukkan bersama santan untuk diolah. Perhatikan teksturnya juga. Bila tekstur krecek terasa kenyal dan agak keras, bisa direndam sebentar. Namun, bila tidak ingin hasilnya terlalu lembek, krecek bisa langsung dimasukkan ke dalam masakan.

3. Krecek Dimasukkan pada Tahap Terakhir Memasak

Krecek bisa mudah kempis dan hancur saat terkena kuah panas. Untuk itu, bahan yang satu ini dimasukkan pada tahap terakhir memasak ketika bumbu dan bahan-bahan yang bertekstur lebih keras sudah dimasak. Hal ini perlu diperhatikan bila kita ingin membuat olahan krecek yang berkuah. Sementara untuk olahan makanan yang kering seperti sambal goreng, kita bisa menggunakan krecek yang tipis.

Semoga info dan tips di atas bisa memudahkanm dalam mengolah krecek, ya. Tetap semangat memasak!

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading