Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Mencegah Badan Bungkuk, Coba Sekarang yuk!

Fimela.com, Jakarta Bagi yang terbiasa bekerja berjam-jam di depan komputer atau laptop, seringkali tidak memperhatikan postur tubuh. Hal ini bisa menyebabkan badan atau tubuh jadi bungkuk. Jika tidak disadari sejak awal, akibatnya bisa sangat negatif.

Saatnya untuk mencoba dan memulai kebiasaan mencegah badan bungkuk. Kita bisa memulainya dari kebiasaan sederhana yang bisa dicoba sekarang juga. Selengkapnya, langsung simak di sini.

1. Senantiasa Gerakkan Tubuh

Dilansir dari spine.org, kita perlu memastikan tubuh tetap aktif untuk mencegah badan bungkuk. Berolahragalah setidaknya 3 menit selama tiga kali per minggu. Saat bekerja di depan komputer atau laptop, berdiri dan jalan-jalanlah sebentar setiap satu jam sekali. Sering-seringlah ubah posisi, jika terlalu lama duduk segeralah berdiri dan jika terlalu lama berdiri segeralah jalan sebentar dan duduk.

2. Duduk dengan Posisi Monitor Sejajar Mata

Nah, bagi yang punya rutinitas duduk berjam-jam untuk bekerja, ini penting diketahui. Atur posisi dudukmu dengan kaki yang menyentuh lantai (atau bisa disangga), tangan sejajar dengan meja, dan posisi monitor sejajar dengan mata. Beri penyangga pada punggung untuk membantumu duduk tegak.

 

3. Jalan Kaki Cepat

Jalan kaki yang lebih cepat dapat menjadi gaya hidup sehatmu. Optimalkan aktivitas jalan kaki dengan mempercepat langkahmu. Kebiasaan ini pun bisa bantu mengatasi nyeri punggung. Saat jalan, tegakkan punggungmu. Meski awalnya sulit dibiasakan, tapi begitu kita mencobanya ke depannya akan lebih mudah.

4. Latihan Planking

Dilansir dari healthline.com, otot-otot inti yang kuat memiliki peran penting untuk membantu menjaga postur tubuh yang baik. Karena itulah memperkuat otot inti menjadi kunci penting untuk mencegah badan bungkuk. Salah satu cara untuk memperkuatnya adalah dengan melakukan latihan planking. Planking pun dapat berfungsi mengatasi otot-otot kaki karena terlalu lama duduk atau berdiri.

5. Latihan Child Pose

Latihan sederhana ini bisa bantu mengatasi otot kaku dan tegang di area punggung dan leher. Caranya mudah. Kita perlu memulainya dengan posisi berlutut dengan kedua lutut yang agak melebar. Kemudian, merangkaklah ke depan dengan tangan, lengan lurus dan diposisikan ke depan kita. Pertahankan posisi tubuh pada paha dan kening untuk beristirahat di lantai.

Semoga tips dan infonya bermanfaat, ya. Saatnya untuk membangun kebiasaan harian yang lebih baik untuk mencegah badan bungkuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Waktu Terbaik untuk Olahraga dan Manfaat yang Harus Diketahui
Artikel Selanjutnya
5 Tips Memudahkan Kamu Melakukan Olahraga Pagi