Sukses

Lifestyle

5 Makanan Pokok yang Bisa Dijadikan Makanan Pengganti Nasi

Fimela.com, Jakarta Secara umum, makanan pokok masyarakat orang Indonesia merupakan nasi yang terbuat dari beras. Namun jangan salah Sahabat Fimela, di beberapa daerah di Indonesia ada beberapa makanan yang dijadikan makanan pokok untuk pengganti nasi.

Makanan pokok pengganti nasi di beberapa daerah di Indonesia memiliki nutrisi yang tak kalah baik dari nasi. Beberapa orang percaya bahkan makanan pokok pengganti nasi ini lebih sehat dari nasi. Untuk rasa, makanan pokok pengganti nasi memiliki rasa yang sangat menggugah selera.

Berikut ini beberapa makanan pokok yang digunakan sebagai pengganti nasi di Indonesia.

Makanan Pokok Pengganti Nasi

Jagung

Makanan pokok pertama sebagai pengganti nasi adalah jagung. Di beberapa daerah jagung diolah sedemikian rupa menjadi nasi. Nasi yang terbuat dari jagung dikatakan lebih sehat karena mangandung glukosa yang rendah.

Sagu

Sagu menjadi makanan pokok di beberapa provinsi di Indonesia. Sagu berasal dari pohon sagu yang diambil sari patinya. Biasanya sagu diolah menjadi papeda atau sebagai bahan utama pembuatan aneka kue.

Ketela Pohon

Ketela pohon juga bisa dijadikan makanan pokok. Di beberapa daerah di Indonesia, ketela pohon diolah menjadi tepung kemudian dibuat jadi nasi. Di Jawa ada yang namanya beras ketela dan nasi tiwul.

Uji Jalar

Ubi jalar juga menjadi makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia terutama di Papua dan Maluku. Ubi jalar dijadikan makanan pokok dengan cara dibakar atau dikukus. Masyarakat pegunungan Papua biasa menggunakan ubi jalar sebagai makanan pokonya sehari-hari.

Jelai

Makanan pokok pengganti nasi selanjutnya ada jelai. Di Jawa jelai dikenal sebagai hanjeli. Ini merupakan makanan yang sering diolah sebagai pengganti nasi dan berbagai makanan lezat lainnya. Jelai tak hanya menjadi makanan pokok alternatif di Indonesia tetapi juga menjadi makanan pokok di berbagai negara lain di dunia.

Itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading