Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Ayam Kecap yang Empuk dan Tidak Amis

ringkasan

  • Daging Ayam Dikukus Setengah Matang dengan Daun Salam
  • Daging Ayam Dilumuri dengan Garam dan Air Perasan Jeruk Nipis
  • Daging Ayam Direndam Air Panas Terlebih Dahulu

Fimela.com, Jakarta Ayam kecap merupakan olahan yang mudah dibuat. Dengan bumbu sederhana, kita sudah bisa membuat olahan ayam yang disukai oleh semua keluarga. Hanya saja kalau salah mengolahnya, ayam kecap jadi kurang empuk dan masih bau amis.

Agar ayam kecap empuk dan tidak amis, proses awal mengolah daging ayamnya perlu kita perhatikan. Ada empat tips mudah yang bisa dicoba. Kita bisa memilih salah satunya atau bahkan mengombinasikannya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Daging Ayam Dikukus Setengah Matang dengan Daun Salam

Daging ayam yang sudah dicuci bersih bisa kita kukus terlebih dahulu. Tambahkan daun salam untuk menghilangkan bau amisnya. Tak perlu dikukus sampai benar-benar empuk. Cukup setengah matang saja karena nantinya daging ayam masih perlu dibumbui dan dimasak kembali hingga matang.

2. Daging Ayam Dilumuri dengan Garam dan Air Perasan Jeruk Nipis

Daging yang sudah dicuci bersih, bisa langsung kita lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, siapkan panci berisi air, dan rebus daging ayam sekitar 30 menit. Setelah itu daging ayam bisa digoreng dan dibumbui untuk dijadikan ayam kecap yang lezat.

 

3. Daging Ayam Direbus dengan Garam dan Daun Salam

Daging ayam yang sudah dilumuri air perasan jeruk nipis dan diberi garam, ditiriskan terlebih dahulu. Setelah itu, rebus daging ayam dengan tambahan sedikit garam dan beberapa lembar daun salam. Daging ayam bisa digoreng sebentar lalu disisihkan. Setelah bumbu ditumis sampai harum, daging ayam bisa dimasukkan dan dijadikan ayam kecap yang sedap/

4. Daging Ayam Direndam Air Panas Terlebih Dahulu

Bagi yang ingin membuat ayam kecap dengan tekstur empuk dan lembut untuk anak, cara yang satu ini bisa dicoba. Daging ayam yang sudah dicuci dan dilumuri air perasan jeruk nipis bisa langsung direndam dengan air panas yang baru mendidih. Diamkan hingga air dingin. Setelah itu buang airnya. Siapkan air baru, lalu rebus daging ayam sampai empuk. Baru kemudian ayam bisa dibumbui sesuai keinginan.

Tipsnya tidak terlalu sulit untuk dicoba, kan? Semoga semakin semangat memasaknya, ya.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading