Sukses

Lifestyle

Tidak Sesederhana Minum 8 Gelas Air Mineral, Ikuti 5 Cara Menghidrasi Tubuh

Fimela.com, Jakarta Minum air minimal 8 gelas per hari ternyata bukan aturan saklek yang harus kamu penuhi. Pasaalnya, mengonsumsi air mineral 8 gelas sehari saja tidak cukup. Selain air mineral, tubuh juga memerlukan cairan dari sumber lain. 

Dilansir dari Shape.com, Lawrence Armstrong, Ph.D., profesor psikologi olahraga dan lingkungan di  Human Performance Laboratory, University of Connecticut mengatakan seluruh organ tubuhmu memerlukan air. Pasalnya, air menjaga dan menghidrasi seluruh organ, sekaligus menghantarkan nutrisi kepada sel-sel tubuh. 

Proses ini akan membantumu untuk tetap bertenaga dan tetap terjaga, tidak pelupa, serta fokus. Air juga akan menyeimbangkan jumlah electrolytes atau mineral dalam tubuh. Mineral ini berfungsi untuk membuat otot-otot berfungsi dengan baik. Sehingga tidak akan mudah lelah dan pegal. 

Namun, minum air mineral saja tidak cukup. Sahabat Fimela mungkin membutuhkan beberapa fakta di bawah ini untuk mencari tahu cairan apa saja yang dibutuhkan tubuh. 

1. Air Mineral Saja Tidak Cukup

Air mineral saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Menurut Institute of Medicine, perempuan harus memenuhi 91 ons atau 2.700 ml air per hari. 

2. Aturan 8 Gelas per Hari

Aturan minum air putih 8 gelas per hari menurut para ahli tidak bisa lagi menjadi patokan. Meski jumlah ini merupakan batas minimal, namun tubuh bisa saja membutuhkan lebih banyak asupan air. Apa lagi kalau kamu rajib berolahraga. 

3. Air Es

Kadang, air es dianggap jahat karena dipercaya bisa membuat perut buncit atau menimbulkan penyakit tenggorokan. Namun, menurut sebuah studi yang dilakukan di Inggris, tulis Shape.com, orang-orang yang minum air es sebelum dan pada saat berkeringat justru bertahan lebih lama dibandingkan air mineral biasa yang bisa bikin haus lebih cepat. 

4. Minum Kopi

Ternyata, dilansir dari Shape.com, mengurangi asupan kopi tidak begitu bekerja untuk meningkatkan hidrasi tubuh. Kafein yang terkandung di dalamnya cukup kuat untuk membuatmu kencing. Namin, tidak berarti tubuh akan menjadi dehidrasi. Menurut penelitian Lawrence, minum kopi juga membantu menghidrasi tubuh meski jumlah cairannya hanya setengah dibandingkan dengan air mineral. 

Misalnya, kamu minum kopi 236 ml kopi per hari. Jumlah ini sama dengan 118 ml air yang masuk ke dalam tubuhmu. 

5. Terlalu Banyak Minum Air

Saking takutnya dehidrasi, banyak orang yang akhirnya terlalu banyak minum air. Biasanya, perempuan kerap melakukan hal ini. Kelebihan minum air mineral dapat menyebabkan sebuah kondisi yang dikenal dengan hyponatremia, atau sebuah kondisi di mana jumlah sodium dalam darah terlalu rendah sehingga sel otak dan jaringan tubuh menjadi membengkak. 

Selain itu, tulis Shape.com, akibat lainnya adalah rasa mual-mual, linglung, kejang, koma, dan bahkan kematian. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan ya, namun tidak berlebihan. 

#Growfearless with FIMELA

Loading