Sukses

Lifestyle

Mengenal Perbedaan Bumbu dan Rempah untuk Membuat Masakan

Fimela.com, Jakarta Masakan yang lezat dan menggugah selera umumnya merupakan masakan yang dimasak dengan bumbu serta rempah melimpah. Bumbu dan rempah adalah dua bahan masakan yang bisa membuat setiap masakan terasa lebih sedap.

Mengenai kedua bahan ini, kemungkinan besar banyak dari kita yang menganggap keduanya sebagai bahan masakan sama. Namun jangan salah Sahabat Fimela, ternyata bumbu dan rempah adalah bahan atau bumbu masakan yang berbeda.

Penasaran ingin tahu apa bedanya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Bumbu dan Rempah

Bumbu

Bumbu merupakan penyedap dasar untuk setiap masakan. Contoh dari bumbu adalah bawang merah, bawang putih, batang serai, garam, ketumbar, kemiri, cabai, kunyit, dan sejenisnya. Semua masakan menggunakan bumbu di dalamnya. Bumbu ada dua jenis yakni bumbu basah dan bumbu kering. Bumbu basah adalah bumbu segar sedangkan bumbu kering adalah bumbu yang telah diolah sedemikian rupa hingga menjadi bumbu bubuk.

Agar masakan yang dibuat terasa sedap dan nikmat, penggunaan bumbu harus disesuaikan dengan bahan masakan yang hendak diolah. Bumbu sebaiknya ditakar dengan pas agar masakan tidak terlalu hambar atau terlalu pekat. Sebelum dimasukkan ke dalam masakan, biasanya bumbu diolah menjadi ramuan masakan dengan cara dihaluskan dan ditumis atau disangrai.

Rempah

Rempah merupakan tumbuh beraroma kuat. Rempah bermanfaat memberi aroma ke setiap masakan agar lebih sedap dan menggugah selera. Penggunaan rempah pada masakan biasanya bertujuan menyamarkan aroma amis ikan atau daging. Contoh rempah adalah lada, jahe, biji pala, cengkeh dan kayu manis. Sama seperti bumbu, rempah ada yang basah dan ada pula yang kering.

Umumnya, rempah ditambahkan ke masakan sebagai pembeda antara masakan satu dan lainnya. Untuk cara penggunaannya, setidaknya ada 3 cara menggunakan rempah. Cara tersebut yakni menghaluskan bersama bumbu, sekedar dicelupkan ke masakan atau ditaburkan ke atas masakan (jika rempah adalah rempah bubuk).

Itulah perbedaan bumbu dan rempah. Semoga informasi seputar dapur ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading