Sukses

Lifestyle

Tip Traveling Hemat dengan Anggaran Terbatas

Fimela.com, Jakarta Traveling adalah cara yang tepat untuk melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari, stres dan membentuk koneksi mendalam sambil menciptakan kenangan seru. Tetapi traveling juga harus diatur dengan baik bisa anggaran yang dimiliki cukup terbatas.

Ada beberapa cara untuk mensiasati agar traveling menjadi lebih hemat dan sesuai anggaran. Melansir dari huffpost.com, berikut beberapa tips dari travel blogger dan pakar lainnya agar perjalanan sesuai dengan anggaran.

Komunikasikan tentang anggaran dengan teman traveling kamu

“Ketika bepergian dengan teman-teman yang memiliki anggaran berbeda, komunikasi adalah kuncinya. Sebelum memulai perjalanan, bicarakan tentang anggaran, tujuan, dan ide masing-masing untuk perjalanan tersebut. Melakukan percakapan lebih awal akan mengurangi kemungkinan argumen dan ketidaknyamanan emosional dalam perjalanan. Dengan begitu perjalananmu bersama dengan teman-teman akan sukses. " ujar Collette Stohler, pembawa acara TV dan travel blogger di Roamaroo.

Amber Primdahl seorang travel blogger di She’s Catching Flights mengatakan, setiap orang harus terbuka tentang apa yang mampu mereka bayar dalam perjalanan dan menyetujui akomodasi, makanan, transit, tur, dan lainnya.

Diskusikan prioritas perjalanan

“Saya pikir kuncinya adalah wajib mendiskusikan kegiatan perjalanan yang ingin mereka lakukan sebelumnya. Setiap orang berbagi tentang hal yang harus mereka lakukan dan yang bisa mereka lakukan. Ini berarti mereka yang memiliki anggaran lebih sedikit tidak mendapatkan kejutan yang tidak terduga, sementara mereka yang memiliki anggaran lebih banyak mungkin dapat menyarankan untuk melakukan kegiatan secara terpisah jika itu termasuk dalam daftar keinginan mereka " ujar Marek Bron, travel blogger di Indie Traveller.

Briona Lamback seorang travel blogger dan pendiri biro perjalanan You Me Travel Co menekankan bahwa sangat penting untuk berdiskusi tentang apa yang semua orang inginkan dari perjalanan. Mengetahui jenis kegiatan atau tur mana yang penting bagi grup akan memastikan bahwa semua orang meninkmati agenda traveling. Grup harus membuat rencana perjalanan kasar dengan pengalaman destinasi yang harus mereka lakukan dengan biaya masing-masing. Dari sana, anggaran kelompok dapat ditetapkan dan kemudian proses ini dapat diulang untuk setiap komponen perjalanan, seperti akomodasi dan transportasi.

Manfaatkan kegiatan gratis

“Rencanakan beberapa kegiatan yang murah atau gratis. Misalnya, ikuti tur jalan kaki keliling kota atau tur jalan kaki berbasis sumbangan. Gunakan transportasi umum di sekitar atau berjalanlah alih-alih mengandalkan taksi.” saran Audrey Scott, ahli strategi pengembangan pariwisata dan salah satu pendiri di Uncornered Market.

Gunakan promo poin

"Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada tinggal di hotel yang sama dengan teman-teman, jadi saya sering menawarkan poin hotel kepada teman-teman saya sehingga kami dapat tinggal di tempat yang sama sambil tetap menikmati privasi ruang kami sendiri." ujar Christine Johnson, travel blogger di My Traveling Kids.

“Saya suka menggunakan poin untuk mengurangi biaya perjalanan. Seringkali saya akan menggunakannya untuk membantu teman-teman yang kesulitan anggaran untuk mengurangi biaya mereka. Miles dan poin adalah alat yang hebat yang membantu siapa saja yang bepergian dengan harga lebih murah." ujar Mark Ostermann, editor senior Miles to Memories.

 

Tips traveling agar sesuai dengan anggaran yang terbatas

Jangan takut untuk berpisah sesekali

Menurut Meg Jerrard seorang travel blogger di Mapping Megan, kamu mungkin bepergian sebagai grup untuk mendapatkan penglaman yang tak terlupakan, tetapi ingat bahwa kamu tidak harus terus bersama karena jika begitu akan timbul ketegangan dalam hubungan dengan teman-temanmu terutama kalau satu teman cenderung memilih anggaran yang lebih mahal. Jadi jika seseorang benar-benar ingin melakukan sesuatu, tetapi itu adalah sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan, biarkan mereka pergi sendiri.

“Jelaskan sebelumnya bahwa kamu tidak selalu harus melakukan sesuatu bersama. Agak sedikit stres ketika seseorang menyarankan sesuatu di luar budget yang kamu punya. Selain itu, lebih baik untuk menjelajahi hal-hal dengan sendiri dari waktu ke waktu!” jelas Alex Reynolds, travel blogger di Lost With Purpose.

Jadwalkan waktu luang

Jadwalkan waktu fleksibel ketika kamu bepergian, sehingga anggota rombongan dapat pergi dan melakukan hal yang diinginkan dengan anggaran masing-masing. Ini sebenarnya adalah ide bagus untuk semua perjalanan grup walaupun anggaran tidak menjadi masalah.

“Ketika merencanakan rencana perjalanan, sisakan ruang untuk waktu luang agar semua orang dapat melakukan hal-hal terpisah mereka sendiri, apakah itu bersantai di tepi kolam renang, berbelanja, atau bersantai.” ujar Isabel Leong, travel blogger di Bel Around The World.

Atur pengeluaranmu

“Gunakan Splitwise atau aplikasi serupa untuk membagi biaya. Aplikasi ini dengan mudah memungkinkan kamu memasukkan jumlah dan melihat siapa yang membayar untuk apa, aplikasi ini membuat total berjalan secara real time. Kemudian, kamu dapat membagi tagihan secara adil.” jelas La Carmina, blogger perjalanan dan pembawa acara TV.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

;
Loading