Sukses

Lifestyle

Tips Memilih dan Mengolah Lobak agar Tidak Pahit saat Dimakan

Fimela.com, Jakarta Meski mungkin bukan sayuran yang umum dimakan, namun lobak menjadi salah satu varian sayuran yang patut dicoba diolah di rumah. Namun terkadang jika tidak memilih dan mengolah lobak dengan tepat, akan ada rasa pahit saat dimakan. Agar lobak tidak memiliki rasa pahit, ini yang bisa dilakukan.

1. Pilih yang berkulit halus

Lihat tampilan lobak, pilih lobak yang keras, terlihat segar, dan tidak keriput atau kulitnya kering. Hindari juga lobak yang banyak kerutan atau lengkungan, dan banyak bintik hitam karena dikhawatirkan menyebabkan pahit.

2. Warna yang cerah

Jika lobak sudah tidak segar, kemungkinan warnanya agak kusam kekuningan. Pilih lobak yang berwarna putih terang atau cerah. Warna putihnya bersih dengan daun yang masih segar.

3. Pilih yang muda

Lobak yang terlalu tua akan semakin pahit rasanya, jadi pilih lobak yang masih muda. Jika tak yakin apakah lobak muda atau tua, pilih yang tidak terlalu besar, pilih yang ukurannya sedang.

4. Rendam air garam

Setelah membelinya, kupas kulit lobak, potong-potong sesuai kebutuhan dan rendam dengan air garam. Proses perendaman ini bukan hanya berfungsi membersihkan getah pada lobak tapi juga menghilangkan kemungkinan adanya rasa pahit.

5. Rebus

Meski memang bisa dimakan begitu saja namun akan lebih baik jika lobak direbus sebentar atau diblansir (blanching). Teknik perebusan ini cukup merendam lobak mentah ke dalam air mendidih sebentar untuk menghilangkan getah yang menyebabkan pahit. Jangan sampai layu, langsung angkat ketika sudah mulai berubah transparan.

Itu dia sekian cara memilih dan mengolah lobak agar tidak pahit. Semoga bermanfaat. 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Kulit Ayam Panggang Krispi, Tambahkan Baking Powder
Artikel Selanjutnya
Berapa Lama Ayam Goreng Boleh Disimpan di dalam Kulkas?