Sukses

Lifestyle

4 Tips Menggunakan Panci Presto yang Aman

ringkasan

  • Kunci penutup presto dengan benar
  • Jangan mencoba memegang dengan tangan kosong
  • Biarkan hingga uapnya hilang jika ingin membuka penutup

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang yang ingin mengempukkan makanan dengan cepat bisa menggunakan teknik memasak dengan cara presto. Panci presto memang didesain berbeda dengan panci biasa, umumnya lebih tebal, lebih berat dengan penutup panci yang 'tak biasa'.

Terkadang, jika tidak tahu cara memakainya, bisa berbahaya menggunakan panci presto. Uap panasnya seringkali jadi penyebab bahaya paling utama. Ini cara menggunakan panci presto yang aman.

1. Kunci penutup presto dengan benar

Jika ingin makanan dimasak hingga matang dan empuk, pastikan penutup panci terkunci dengan baik. Biasanya ada karet yang menjaga penutup panci terkunci rapat. Jika penutup panci presto tidak rapat, efek mengempukkan tidak akan berhasil meski dimasak dengan waktu lama.

2. Jangan mencoba memegang dengan tangan kosong

Uap yang dikeluarkan panci presto bisa sangat panas, jadi jangan coba-coba menyentuh bagian panci yang sedang mengeluarkan uap dengan tanpa perlindungan atau dengan tangan kosong. Jika ingin menekannya, gunakan alat bantu sepeti spatula atau yang lainnya, yang cukup panjang sehingga memberi jarak cukup jauh antara tangan dengan uap panas.

3. Kecilkan api ketika panci sudah mendesis

Jika sudah mendesis karena tekanan di dalam panci, kecilkan api untuk menghemat gas. Umumnya, daging yang dimasak di dalam sudah matang. Besarnya api tak akan mempengaruhi kematangan daging di dalam panci.

4. Biarkan hingga uapnya hilang jika ingin membuka penutup

Jangan langsung membuka panci saat masih mendesis mengeluarkan uap panas. Lagipula panci juga susah dibuka jika uap panasnya belum sepenuhnya hilang. Jika dibuka secara paksa tekanan uap panas justru akan melukai anggota badan. Jadi, tak perlu buru-buru membuka atau mengangkat panci yang masih mendesis, biarkan suhu uap panasnya hilang. Jika sudah tenang dan suhu menurun, panci bisa dibuka perlahan.

Itu dia sekian tips aman menggunakan panci presto untuk memasak apa pun. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading