Sukses

Lifestyle

Menilik 8 Manfaat Minyak Kayu Manis untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa kayu manis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Tapi, banyak orang ternyata belum mengetahui manfaat dari kayu manis terutama untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari thehealthy.com kayu manis ternyata bisa diolah menjadi minyak yang bisa membantu penurunan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kayu manis adalah makanan yang berpotensi meningkatkan kekebalan yang bisa membuat kamu bersemangat, menurut Anca Tchelebi-Moscatello, MD, dari Park Avenue Medical Spa, di Armonk, New York. "Kayu manis sarat dengan antioksidan polifenol dan proanthocyanidins dan juga mengandung mangan, kalsium, serat, dan zat besi dalam jumlah yang bagus," jelas Dr. Tchelebi-Moscatello. Terlebih lagi, cinnamyl acetate, cinnamyl alcohol, dan cinnamaldehyde yang ditemukan dalam minyak kayu manis ini memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti-jamur.

2. Menstabilkan gula darah

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan pada tahun 2016 di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa mengkonsumsi kayu manis dapat memainkan peran sederhana dalam membantu meningkatkan kadar hemoglobin A1C pada seseorang yang mengidap diabetes tipe 2. Penelitian dilakukan dengan suplemen kayu manis, tetapi Dr. Tchelebi-Moscatello mengatakan minyak kayu manis memiliki manfaat menstabilkan gula yang sama dengan kulit kayu.

3. Tidak Mudah Lapar

"Saya akan menyarankan menambahkan satu atau dua tetes minyak kayu manis ke dalam secangkir air hangat dengan sedikit madu di sore hari untuk membantu melawan keinginan makan malam itu," kata Dr. Tchelebi-Moscatello. Strategi lainnya adalah menambahkan beberapa tetes minyak pada bola kapas dan perlahan-lahan menghirupnya sebelum makan. Ini dapat membantu kamu mencegah makan yang berlebihan.

4. Menyembuhkan luka dengan cepat

"Ada beberapa potensi kayu manis untuk membantu luka, tetapi juga bisa berbahaya bagi kulit." kata Christopher Hollingsworth, MD, dari NYC Surgical Associates di New York. Ia menyarankan untuk mengonsumsi langsung suplemen minyak kayu manis untuk mempercepat penyembuhan luka dibanding mengaplikasikan minyaknya pada kulit, karena minyak kayu manis mengandung senyawa yang mengiritasi.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Jika kamu menikmati makanan yang dapat mengacaukan sistem pencernaan, minyak kayu manis dapat membantu kamu memperbaiki keadaan. “Masukkan beberapa tetes minyak kayu manis ke dalam air panas atau teh, atau masukkan minyak kayu manis ke dalam makanan untuk masuk ke sistem pencernaan.” kata Dr. Hollingsworth. "Ia bekerja sebagai antioksidan, antibakteri, dan sebagai anti-inflamasi."

 

6. Mengobati infeksi

"Minyak kayu manis dapat digunakan secara topikal sebagai pengobatan untuk sariawan, infeksi kulit jamur, atau infeksi jamur pada kuku kaki." kata Dr. Hollingsworth. Namun, ia menekankan bahwa minyak kayu manis dapat mengiritasi kulit, jadi solusi terbaik adalah tidak menggunakannya pada luka terbuka atau area sensitif.

7. Mempercepat metabolisme

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 di Metabolism Clinical and Experimental, para peneliti menemukan bahwa cinnamaldehyde, minyak esensial yang memberikan cita rasa kayu manis itu sendiri, mampu menginduksi sel-sel lemak untuk mulai membakar energi melalui proses yang disebut thermogenesis. Penelitian ini dilakukan dalam sel yang ditumbuhkan di laboratorium.

"Penelitian menunjukkan suplemen ini baik untuk digunakan saat puasa atau menjalankan diet untuk menambah penurunan berat badan," jelas Dr Hollingsworth.

8. Menangkal penyakit gusi dan gigi berlubang

Jika kamu ingin mencegah kerusakan gigi, jadikan minyak kayu manis sebagai teman barumu, kata Victoria Veytsman, DDS, seorang dokter gigi umum dan kosmetik di New York. "Minyak kayu manis adalah antibakteri dan anti jamur" katanya. "Ini menunjukkan bahwa minyak dapat membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi ketika digunakan sebagai tambahan untuk perawatan mulut tradisional." Dr. Veytsman percaya menambahkan setetes minyak kayu manis pada sikat gigi atau dicampur ke dalam pasta gigi ini sudah cukup untuk melihat manfaatnya.

Selain kayu manis, bahan-bahan dapur lainnya juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

Penulis: Iffah Nurahmah

#Growfearless with FIMELA

;
Loading