Sukses

Lifestyle

Kelebihan Lemak di Tubuh Bisa Menurunkan Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Adanya lemak di tubuh sangatlah penting. Meski penting, kelebihan lemak di tubuh tidaklah baik buat kesehatan. Lemak yang terlalu berlebih di tubuh bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit. Salah satu penelitian yang dilakukan para ahli bahkan menyebutkan jika kelebihan lemak di tubuh bisa menurunkan kecerdasan otak.

Melansir dari laman prevention.com, penelitian yang diterbitkan di Journal of Brain, Behaviour and Immunity menyebutkan jika lemak di tubuh yang berlebih bisa membuat otak lebih cepat tua. Namun, massa otot tubuh justru bisa melindungi seseorang dari penuaan.

 

Kelebihan Lemak dan Kecerdasan

Penelitian yang dilakukan ahli menemukan jika adanya lemak di tubuh secara berlebih bisa berpengaruh pada kecerdasan dan kemampuan berpikir seseorang. Penelitian yang dilakukan pada sedikitnya 4.431 pria dan perempuan di Amerika Serikat ditemukan jika orang-orang dengan risiko obesitas dan lemak berlebih di tubuh seiring dengan pertambahan usianya akan mengalami penurunan kecerdasan. Mereka juga sangat berisiko terhadap demensia.

Para ahli mengaitkan penurunan kecerdasan dengan rendahnya jumlah sel darah putih di tubuh. Ini juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh. Umumnya, orang dengan lemak berlebih di tubuh akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang mudah terganggu. Ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, peredaran darah ke otak akan mengalami gangguan pula. Inilah yang kemudian membuat kesehatan dan kecerdasan otak menurun.

Auriel Willette, asisten profesor ilmu pangan dan nutrisi manusia di Iowa State University mengatakan, "Usia umumnya tidak memiliki pengaruh besar terhadap kecerdasan seseorang. Lemak dan massa otot tubuh lah yang besar pengaruhnya."

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Mudah Mendorong Anak Gemar Berolahraga untuk Cegah Obesitas