Sukses

Lifestyle

Orang Bertubuh Pendek Punya Risiko Besar Alami Serangan Jantung, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Tinggi tubuh mungkin bukan hanya memberikan penampilan terhadap diri setiap orang, lebih jauh tinggi badan ternyata ada hubungannya dengan kadar kesehatan seseorang bahkan risikonya terhadap penyakit tertentu. Misalnya saja jika tubuhmu pendek, penelitian menemukan bahwa dirimu lebih rentan mengalami serangan jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang-orang dengan tinggi pendek lebih rentan mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung dan jantung koroner karena secara genetik tubuh mereka lebih lemah.

Orang Pendek Lebih Rentan Alami Masalah Jantung

Penelitian yang dilakukan di University of Leicester dan dipimpin Professor Sir Nilesh Samani ini menyebutkan bahwa ada peningkatan 13,5% untuk setiap perbedaan tinggi tubuh sebanyak 2,5 inci. Orang dengan tinggi tubuh 5 kaki (152,4 cm) punya risiko 32% lebih tinggi mengalami masalah jantung dibanding mereka dengan tinggi tubuh 5 kaki 6 inci (sekitar 170 cm).

Tapi tentu saja, gen bukan satu-satunya faktor risiko yang dimiliki manusia, ada gaya hidup, pola makan dan lain sebagainya yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Percuma juga jika punya tubuh tinggi tapi kerjanya cuma malas-malasan dan duduk selama 8 jam lebih per hari. Risikonya akan lebih besar terkena penyakit jantung dibanding mereka yang bertubuh pendek tapi rajin olahraga.

Jadi, mungkin kita memang punya risiko penyakit jantung berdasarkan tinggi tubuh, tapi bisa diimbangi dengan melatih kebiasaan sehat lain dalam hidup ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Memaksakan Tubuh Olahraga Berlebih, Ini Sinyal Saat Harus Beristirahat
Artikel Selanjutnya
Alasan Memaksakan Olahraga Terlalu Berat Tidak Baik untuk Kesehatan