Sukses

Lifestyle

Rajin Minum Teh Kunyit Bisa Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kunyit mungkin menjadi salah satu rimpang yang berfungsi sebagai tanaman toga atau tumbuhan obat-obatan yang sudah banyak diakui hingga seluruh dunia. Bukan hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa diolah menjadi teh yang menyehatkan.

Salah satu manfaat kesehatan minum teh kunyit adalah menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dimuat dalam PubMed Central Journal of Clinical Immunology menemukan bahwa curcumin dalam kunyit mampu meningkatkan sistem imun sehingga mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).

Manfaat Teh Kunyit

Sebagai efek positifnya, tubuh memiliki risiko lebih kecil mengalami penyakit jantung dan serangan stroke. Kandungan curcumin atau lebih sering dikenal dengan komponen warna kuning pada kunyit, ternyata berfungsi sebagai penetral kolesterol sehingga kadarnya tidak melebihi batasan normal.

Bukan hanya itu, curcumin bersifat anti inflamasi sehingga sangat baik menjaga peredaran darah lancar serta menjaga pembuluh darah yang sehat. Dalam penelitian yang sama, curcumin bahkan diklaim mampu menurunkan gejala arthritis, asma, alergi, diabetes hingga mencegah kanker.

Jadi, jika kebetulan punya banyak kunyit di rumah, tak ada salahnya sesekali menghancurkannya dan menikmatinya sebagai teh hangat di sore hari.

#GrowFearless with FIMELA

Loading