Sukses

Lifestyle

7 Alasan Mengapa Konsumsi Rumput Laut Baik untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Lautan membentang sekitar 70 persen dari planet kita, jadi wajar saja jika harta dapat tersembunyi di dalamnya. Rumput laut misalnya, menyerap nutrisi dari dasar laut, membuat sayuran laut dikemas dengan lebih banyak vitamin daripada buah-buahan dan sayuran yang ditanam di daratan.

Rumput laut adalah sumber makanan berlimpah karbon-negatif (artinya tidak memerlukan air atau pupuk untuk panen), sehingga ideal untuk konsumen yang sadar lingkungan. Jika kamu masih tidak yakin untuk menjadikan rumput laut lebih dari sekadar gulungan sushi, bacalah manfaatnya yang dilansir dari elle.com, ditambah dengan cara mudah untuk menambahkannya ke dalam rutinitasmu.

 

1. Rumput laut meningkatkan metabolisme

Alga yang dapat dimakan ini kaya serat yang bagus untuk meningkatkan rasa kenyang, mengurangi kembung, dan melancarkan pencernaan. "Rumput laut mengandung serat larut dan tidak larut, menjadikannya sumber prebiotik yang bagus untuk mendukung kesehatan usus," jelas ahli diet Chelsea Gloeckner, MS, RD.

"Serat-serat ini termasuk gula tertentu yang disebut polisakarida tersulfasi, yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri usus baik dan juga meningkatkan produksi asam lemak yang memberikan dukungan dan makanan bagi saluran," tambah ahli diet Rachel Fine MS, RD, CSSD, CDN.

 

 

2. Rumput laut menguatkan sistem imun

Keajaiban bawah air mengandung banyak mineral dan vitamin penambah sistem imun. "Rumput laut merupakan sumber antioksidan yang kuat, termasuk alginat dan fucoxanthin," kata Fine.

"Ada penelitian menjanjikan yang menunjukkan potensi manfaat anti-inflamasi yang mungkin terkait dengan mengurangi risiko diabetes dan obesitas."

Berkat iodium dan asam amino yang disebut tirosin, rumput laut juga bermanfaat bagi tiroid dan dapat membantu mencegah penyakit tiroid.

"Rumput laut juga mengandung polifenol, yang dapat mendukung proses anti-kanker dalam tubuh," tambah pakar kedokteran fungsional Dr. Elroy Vojdani, MD.

 

3. Rumput laut membantu menyembuhkan penyakit kardioviskular

 

Ternyata rumput laut baik untuk detak jantungmu. Beberapa penelitian telah menunjukkan tanaman untuk mengurangi risiko penyakit jantung, sementara banyak ahli setuju bahwa itu menstabilkan kadar gula darah, berkat kandungan yang kaya akan serat.

”Rumput laut kaya serat yang dapat mengurangi lemak darah dan meningkatkan kontrol gula darah,” ujar ahli diet Suzanne Fisher.

Ahli gizi selebritas dan koki Serena Poon menambahkan jika rumput laut menyulut tubuh kita dengan kemampuan untuk membantu mengatur dan mendetoksifikasi darah dan sistem limfatik.

 

4. Rumput laut berkontribusi dalam kesehatan otak

Ayo, biarkan manfaat rumput laut sampai di kepalamu. Para ahli, termasuk Vojdani dan Montemayor, setuju jika asam lemak omega-3, EPA, dan DHA yang ditemukan dalam rumput laut adalah kesehatan kognitif yang hebat yang dapat mencakup peningkatan memori dan kinerja.

Beberapa populasi juga mengandalkan makanan untuk perkembangan otak pada anak-anak.

 

 

5. Rumput laut merupakan anti-aging alami

Rumput laut sangat bagus untuk memerangi jerawat dan tanda-tanda penuaan. Menurut Poon, mineralnya, termasuk kalsium, seng, besi, natrium, kalium dan magnesium, mengurangi peradangan dan membantu melindungi kulit dari dehidrasi serta radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari.

Vitamin C dalam rumput laut memberikan manfaat kecantikan tambahan untuk mendukung produksi kolagen dan niasin alami yang sangat bagus untuk hiperpigmentasi dan cacat. Menurut seorang ahli gizi bernama Sally Pansing Kravich, rumput laut merupakan pembersih yang sangat membantu untuk menghilangkan racun, logam berat dan radiasi.

 

 

6. Rumput laut sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang

Zat besi dan kalsium yang ditemukan dalam rumput laut dapat menjaga kesehatan tulang, sedangkan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk persendian.

 

 

7. Rumput laut dapat menjaga kesehatan mata

Mirip dengan wortel, rumput laut juga dapat menjaga penglihatan kamu. "Meski rumput laut rendah lemak, biasanya mengandung sejumlah kecil asam lemak omega-3 esensial," jelas Ysabel Montemayor, ahli diet utama Fresh n 'Lean.

"Ini adalah jenis lemak yang baik untuk kesehatan mata." tambahnya.

Selain itu, rumput laut mengandung astaxanthin, nutrisi kuat yang melindungi penglihatan.

Itulah 7 manfaat yang dimiliki oleh rumput laut. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya ya, Sahabat Fimela!

Simak Video Menarik Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA 

;
Loading