Sukses

Lifestyle

Perempuan dengan Tubuh Plus Size Kini Lebih Nyaman Mengeksplorasi dan Mengekspresikan Diri 

Fimela.com, Jakarta Body shaming, bullying, diskriminasi fisik saat proses rekrutmen pekerjaan maupun dalam kehidupan bersosialisai, menjadi isu yang selalu dikaitkan dengan kaum perempuan dengan tubuh plus size atau gemuk dan cenderung berbobot ekstra. 

Tentu membuat mereka harus cukup kuat dalam melawan stigma kecantikan yang ada di masyarakat, bahwa perempuan ideal selalu identik dengan tubuh langsing, kulit putih, dan selalu terlihat menarik dengan outfit yang bervariasi dan cantik. Stigma tersebut juga kerap membuat perempuan bertubuh gemuk atau “plus-size”, menghadapi banyak tantangan dalam bersosialisasi, berkarir bahkan dalam meraih mimpi mereka.

Melihat pemasalahan ini, XTOXPLUS sebagai salah satu pelopor clothing line big size di Indonesia, melalui sebuah kampanye digital berjudul #XtraordinaryYou, dengan pesan tersirat, “Fisik bukanlah halangan semua wanita untuk berprestasi dan tampil menarik.” – yang diunggah di akun Instagram dan Youtube XTOXPLUS.

Mengutip dari hasil penelitian dan data dari Dailymail.UK, pada tahun 2018, yang mengatakan bahwa, 77% responden perempuan obesitas di dunia, ternyata mengalami kesulitan menemukan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan karakter pribadi mereka masing-masing.

Selain itu, XTOXPLUS juga meluncurkan video kampanye yang akan memberikan gambaran penting bahwa kepercayaan diri seseorang dapat tumbuh dari kenyamanan dan penerimaan terhadap diri sendiri (self-acceptance). Program kampanye ini didukung oleh empat orang KOL atau Digital Influencer yang telah menjadi  pelanggan setia dari brand XTOXPLUS serta berhasil merepresentasikan perwakilan kaum perempuan  berbobot plus size yang tetap percaya diri dengan penampilan mereka sehingga meraih kesuksesan secara professional dan berprestasi dalam beberapa bidang di antaranya:

Digital Influencer inspiratif

Fahmia Badib – 8 XL, seorang Professional Belly Dancer dengan berat 103 kg, berhasil mematahkan stigma bahwa seorang penari perut harus selalu bertubuh langsing. Ia sukses menjadi penari perut Indonesia yang bertubuh gemuk, menurutnya  “Jangan biarkan siapapun dan apapun menghalangi dirimu, karena perempuan itu lebih dari sekedar fisik saja. Remember that, Knowledge is Power!”

Ni Putu Chandra – 5 XL, akrab dipanggil Tutu adalah seorang Beauty Vlogger yang menyelesaikan studi master degree-nya di Queensland University Australia. Ia menjadi  salah satu fashion dan make up enthusiast serta content creator yang mengkampanyekan bahwa setiap perempuan memiliki hak untuk terlihat cantik tanpa menekankan pada jenis dan warna kulit, tipe rambut maupun ukuran tubuh dan baju yang dipakainya. Menurutnya “Beauty is being confident and comfortable with your own body and also with yourself”.

Sealy Rica – 7XL, Fashion Enthusiast & Influencer, mampu tetap tegar melawan body shamming dan bullying di masyarakat dengan keunikan dirinya. Lebih jauh lagi, ia akan selalu mengeksplorasi gaya pakaian, make up dan kecantikan untuk kaum wanita plus size serta mengajarkan bahwa “Menjadi pribadi yang menyenangkan tidak melulu memerlukan wajah cantik atau tubuh kurus karena semua itu berangkat dari hati yang tulus”.

Shena Malsiana -5 XL, seorang Billboard Singer telah berhasil menciptakan image yang kuat pada dirinya sendiri dengan keunikannya dalam berpenampilan dan berkarya dalam bermusik dan bernyanyi. Menurutnya kesuksesan dan dukungan akan dapat mudah diraih. Namun “Kita harus berdamai dulu dengan diri kita sendiri. Karena fisik itu hanya mendatangkan, tetapi menjadi pribadi yang baik itu yang bertahan”. 

Keberadaan para KOL XTOXPLUS telah memberikan contoh inspirasi nyata kepada semua perempuan plus-size di luar sana, bahwa mereka punya kesempatan untuk meraih impian dan menjadi apapun yang diinginkan, asalkan mau berusaha dan pantang menyerah. XTOXPLUS percaya, bahwa wanita bertubuh big size pun memiliki potensi dan hak untuk mengembangkan diri sesuai dengan talenta, passion, dan bidang profesi yang ditekuni.

Dengan menggunakan koleksi pakaian XTOXPLUS, kaum wanita berbobot plus size dapat menemukan kenyamanan dalam berbusana, tampil modis,  meningkat rasa percaya dirinya, sehingga dapat mematahkan stigma masyarakat dengan merasa cantik meskipun tidak bertubuh langsing dan berkulit putih. XTOXPLUS memberikan banyak pilihan cerdas dalam berbusana  sehingga mereka dapat mendefinisikan kembali nilai dan citra kecantikan sesuai dengan keunikan tubuh yang dimiliki secara lebih positif. Dengan demikian, kaum perempuan dengan bobot plus size akan lebih percaya diri dan merasa nyaman ketika bersosialisasi, berkarir bahkan dalam bergerak maju mengejar impian mereka. Menjadikan mereka #XtraordinaryYou! sesuai dengan keunikan yang melekat dalam diri mereka.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading