Sukses

Lifestyle

Selain Memperlancar Aliran Darah, Ketahui Manfaat Sauna Lainnya

Fimela.com, Jakarta Ketika lelah dan mengalami otot pegal usai berolahraga di gym, paling enak berdiam diri di dalam sauna. Sauna, tulis Shape.com, merupakan sebuah steam room kering yang biasanya dinding dan tempat duduknya terbuat dari kayu. 

Sauna sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Shape.com menulis, sauna tradisional menggunakan uap dari pembakaran kayu. Namun kini, seiring dengan berjalannya waktu, orang sudah menggunakan gas dan pemanas elektrik untuk memanaskan ruang sauna. 

Sauna tidak hanya mengurangi rasa pegal usai berolahraga. Tetapi, panasnya ruangan juga dapat memperlancar aliran darah tubuh. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, waktu untuk berdiam di dalam sauna tidak boleh terlalu sebentar atau terlalu lama. Paling tidak, kamu menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit. Maksimal 20 menit. Lantas, apa saja manfaat sauna lainnya?

Melegakan Hidung Mampet

Sauna ternyata juga bisa mengaktifkan sistem pernapasan. Pasalnya, uap panas yang kamu hirup biasanya akan meningkatkan vasoladitasi pada pernapasan yang mampet. Karena itu, sauna sangat bagus untuk kamu yang memiliki sinus atau sedang flu. 

Mengurangi Rasa Sakit

Biasanya, otot pegal dan sakit usai berolahraga. Sauna ternyata dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Sebuah studi tahun 2009 oleh Expertise Center of Health, Social Care and Technology di Saxion University of Applied Sciences Belanda, menunjukkan kalau sauna juga bisa mengurangi rasa sakit pada penderita artritis dalam waktu 4 minggu. 

Simak Video Berikut

#Growfearless with FIMELA

;
Loading