Sukses

Lifestyle

Akta Kelahiran hingga Ijazah Terendam Banjir, ANRI Siapkan Layanan Gratis Perbaikan Arsip Keluarga

Fimela.com, Jakarta Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di awal 2020 mengakibatkan sejumlah barang milik warga basah bahkan rusak karena terendam air. Tak terkecuali arsip keluarga berupa kartu keluarga, akta pernikahan, akta kelahiran, ijazah, sertifikat tanah, dan masih banyak lagi.

Meski demikian kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya Arsip Nasional Republik Indonesia membuka Posko Layanan Restorasi Arsip Keluarga. Layanan perbaikan arsip keluarga ini gratis untuk korban bencana banjir.

"Bagi masyarakat yang memiliki arsip keluarga yang terdampak bencana banjir dapat segera untuk mendatangi posko tersebut," demikian pernyataan ANRI yang dikutip dari situs resminya.

Posko Layanan Restorasi Arsip Keluarga ini dibuka mulai hari ini (2/1/2020) pada pukul 07.30-15.30 di Gedung ANRI Jl. Ampera Raya No. 7, Cilandak, Jakarta Selatan.

 

Syarat dan ketentuan

Untuk mendapatkan layanan ini, kamu hanya perlu membawa arsip asli, bukan dalam bentuk fotocopy. Perbaikan arsip ini tidak dapat diwakilkan oleh pihak manapun. Sehingga pemilik arsip itu sendiri yang membawa arsip yang rusak ke kantor ANRI.

Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) sudah ada sejak bencana Tsunami yang melanda Aceh dan Nias pada 2004. Dengan program ini, ANRI mempreservasi dan meningkatkan aksesibilitas arsip statis yang bernilai guna tinggi. Salah satunya arsip yang rusak akibat terjadi bencana. Proses restorasi arsip ini sendiri menggunakan teknologi Vacuum Freeze Dry Chamber yang menjadi bantuan dari Jepang.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading