Sukses

Lifestyle

Apapun Resolusi Tahun Barumu, Ini 7 Tips agar Bisa Menerapkan Disiplin Diri

Fimela.com, Jakarta Memasuki tahun 2020, setelah menilik kembali tahun lalu dan menyadari seperti apa pencapaian serta kegagalanmu, mungkin ada banyak hal yang ingin kamu jadikan resolusi. Apa pun resolusimu tahun ini, semua itu tak akan bisa dicapai jika tak memiliki disiplin diri.

Itulah mengapa, ada baiknya jika kamu melatih dulu disiplin diri sebelum menjalankan resolusimu. Ini caranya menerapkan disiplin diri.

1. Buat keputusan dan pertahankan

Mudah membuat keputusan ketika niatmu sudah bulat, memutuskan untuk diet misalnya. Namun semua itu tak akan berjalan jika kamu tak memiliki kemampuan untuk mempertahankannya. Tentu saja, kamu akan mengalami rasa bosan, tergoda makan gorengan dan lain sebagainya. Namun berusahalah mempertahankan keputusanmu.

2. Tentukan tujuan

Memiliki tujuan adalah poin penting jika kamu ingin membuat dirimu sendiri lebih disiplin melakukan perubahan. Punya tujuan sama halnya menentukan motivasi diri, jika tak memiliki tujuan atau goals, segala hal yang ingin kamu ubah tak akan bertahan lama.

3. Lakukan perlahan

Lebih realistis jika kamu melakukan perubahan sedikit demi sedikit. Membuat dirimu terbiasa dengan perubahan kecil setiap harinya hingga kamu mampu mencapai perubahan besar yang kamu impikan. Ini cara terbaik melatih diri agar bisa terbiasa dan membangun disiplin diri yang baik.

4. Bersabar

Tidak ada hasil yang instan, dan oleh karena itu kamu butuh kesabaran menjalani apa pun resolusi yang kamu inginkan. Melatih disiplin diri secara otomatis juga akan membuatmu melatih kesabaran, karena kamu menekan keinginan di luar kebiasaan yang selama ini kamu lakukan.

5. Ingat kembali tujuan awal

Ketika goyah, ingat kembali apa tujuanmu melakukan perubahan yang sedang kamu lakukan saat ini. Itulah motivasi yang perlu kamu pegang hingga tujuanmu tercapai. Tekankan bahwa kamu akan lebih bangga dan puas pada dirimu sendiri jika bisa mencapai tujuan tersebut.

6. Belajar berkata tidak

Meski dirimu sudah menahan diri, tetap akan ada godaan dari luar, ajakan teman atau orang-orang sekitar untuk keluar dari disiplin diri yang tengah kamu jalankan. Belajarlah menolak, karena tidak semua hal bisa dilakukan bersamaan, prioritaskan kepentinganmu.

7. Keras pada diri sendiri itu perlu

Tentu saja, keras pada diri sendiri bisa membuatmu stres, namun tindakan ini juga akan membuatmu lebih disiplin. Ini adalah stres yang baik apalagi jika kamu menekan diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Selama kamu tidak selalu menyalahkan diri sendiri ketika beberapa hal tidak berjalan sesuai rencanamu.

Jadi, apa pun resolusimu untuk tahun ini, mulailah dulu dengan menerapkan disiplin diri. Seiring berjalannya disiplin diri, kamu bisa melakukan resolusimu dengan lebih mudah, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading