Sukses

Lifestyle

Langkah dan Cara Membuat Kaldu Ayam yang Tidak Keruh

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika kita membuat kaldu ayam atau kaldu daging, air kaldu memiliki penampakan yang keruh sehingga tak enak dipandang, apalagi jika kaldu tersebut berlemak. Sebenarnya jika dilakukan dengan lebih hati-hati dan dengan sedikit trik, kita bisa menghasilkan kaldu yang jernih.

1. Buang air rebusan pertama

Akan lebih baik jika tulang atau bahan-bahan daging yang ingin dijadikan kaldu diblansir lebih dulu. Dalam hal ini, blansir atau blanching digunakan untuk membuang kotoran pada bahan yang akan dijadikan kaldu. Cukup 5 menit saja hingga tulang-tulang berubah warna, lalu buang air rebusan pertama ini.

2. Saring dan buang busanya

Setelah membuang air rebusan pertama, rebus lagi dengan air bersih. Umumnya yang menjadikan kaldu keruh adalah sisa darah dan lemak. Ketika muncul busa kotor di atas permukaan, segera saring dan buang. Lakukan hingga tak ada sisa busa di air.

3. Jangan menghaluskan bumbu

Agar kaldu terasa lebih sedap, beberapa orang lebih suka memasukkan bumbu-bumbu ke dalamnya. Namun jika tak ingin hasilnya keruh, jangan menghaluskan bumbu tersebut. Masukkan dalam keadaan utuh, atau jika ingin memotongnya, masukkan dalam potongan besar. Jika bumbu dipotong terlalu kecil akan rentan hancur sehingga mengotori kaldu.

4. Saring setelah dimasak

Ketika sudah masak dan mengental, matikan dan biarkan kaldu dingin. Saring kaldu ke dalam wadah lain, ulangi menyaring kaldu dengan kain bersih dan tipis. Cara ini akan membuat air kaldu lebih bersih dan jernih.

Itu dia sekian cara dan tata cara membuat kaldu ayam yang tidak keruh. Bisa dicoba di rumah ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading