Sukses

Lifestyle

Mengenal Tentang Thalassemia, Kelainan Darah yang Sebabkan Kematian

Fimela.com, Jakarta Thalassemia adalah kelainan darah bawaan yang ditandai kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan sel darah merah yang terbilang kurang dari ukuran normal. Akibatnya, kelainan ini bisa membuat penderitanya mengalami anemia, bahkan yang lebih serius lagi bisa menyebabkan kematian bagi pengidap thalassemia berat (mayor) karena bisa menyebabkan gagal jantung dan gangguan hati.

Sampai saat ini, pengetahuan publik terkait thalassemia memang terbilang masih minim. Berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Yayasan Thalassaemia Indonesia, saat ini jumlah pengidap penyakit tersebut di Indonesia yang terdata hanya sekitar 10 ribu orang. Yang kemudian menjadi perhatian, ada kekhawatiran jika masih banyak orang yang belum mengetahui penyakit berbahaya tersebut.

Guna sosialisasi bahaya thalassemia pada masyarakat, ditunjuklah Gersha Jagwani, putri dari Adam Jagwani pemeran Hans dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai Duta Thalassemia untuk generasi milenial. Gersha sendiri sudah beberapa bulan belakangan aktif keliling ke rumah sakit untuk menjenguk dan menghibur para pengidap thalassemia. 

 

Gersha Jagwani terpilih sebagai duta thalassemia

"Hari ini official dilantik sebagai Duta Thalassemia. Yang mensahkan dari Yayasan Thalasseamia Indonesia," kata Gersha Jagwani saat dinobatkan menjadi Duta Thalassemia di Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur, akhir pekan kemarin.

Meski baru menginjak usia 16 tahun, Gersha Jagwani sebagai Duta Thalassemia mendapat tanggung jawab yang cukup besar untuk memutus mata rantai penyakit berbahaya tersebut. Dalam waktu dekat, ia akan segera melakukan berbagai sosialisasi untuk memperkenalkan penyakit Thalassemia sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pencegahan yang dapat dilakukan.

"Program terdekat, aku mau sosialisasi ke rumah sakit dan sekolah-sekolah tentang thalassemia. Dari sosialisasi kemudian kita screening, mana yang pembawa mana yang bukan, jadi kita bisa memutus rantainya," pungkasnya.

Thalassemia sendiri merupakan penyakit keturunan yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Yang kemudian menjadi perhatian khusus yaitu saat salah satu pengidap thalassemia minor menikah dengan pengidap thalassemia juga, dapat menghasilkan anak yang mengidap thalassemia mayor yang memiliki resiko jauh lebih berbahaya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Thalassemia adalah penyakit kelainan darah yang menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi Baik.

    Thalassemia

What's On Fimela
Loading