Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Bakwan Sayur yang Kriuknya Awet

Fimela.com, Jakarta Bakwan sayur atau bala-bala bisa dinikmati sebagai kudapan, bisa juga dijadikan pendamping aneka lauk dan hidangan. Bakwan yang renyah atau kriuknya tahan lama pun yang biasanya paling disukai. Membuat bakwan yang kriuknya awet pun sebenarnya tidak terlalu sulit.

Ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Seperti tips-tips berikut ini. Kita bisa memilih salah satu tips di sini dalam proses pembuatan bakwan sayur yang sesuai dengan selera kita. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Tambahkan Tepung Beras pada Bahan Adonan

Tepung beras bisa mempertahankan tekstur renyah bakwan jadi lebih tahan lama. Jadi, dalam pembuatan adonannya, tambahkan tepung beras pada bahan bumbu, tepung terigu, dan air. Masukkan irisan sayur, lalu aduk rata. Bakwan sayur bisa langsung digoreng sampai matang.

2. Tambahkan Margarin Cair pada Bahan Adonan

Kita bisa menambahkan margarin cair pada bahan adonan bakwan untuk menghasilkan tekstur yang renyah. Aneka sayur yang sudah diiris, bumbu halus, tepung terigu, dan air dicampur dan diaduk rata. Lalu terakhir, masukkan margarin yang sudah dilelehkan. Setelah tercampur rata, panaskan minyak, lalu goreng bakwan sampai matang.

 

3. Tambahkan Tepung Maizena pada Bahan Adonan

Kita juga bisa menggunakan tepung maizena untuk menghasilkan bakwan yang renyah. Bahan bumbu halus, tepung terigu, sayuran yang sudah dirajang, dicampur dengan tepung maizena. Takaran tepung maizena jangan melebihi takaran tepung terigu. Misalnya, bila kita menggunakan 17 sdm tepung terigu, maka gunakan 3 sdm saja untuk tepung maizenanya.

4. Tambahkan Baking Powder dan Air Es

Untuk bakwan yang lebih renyah dan kriuk, bisa coba gunakan tips ini. Untuk bahan tepung, kita bisa menggunakan tepung terigu, tepung beras, baking powder, dan air es. Takarannya untuk 100 gram tepung terigu, tambahkan 50 gram tepung beras, 1/2 sdt baking powder, dan 200 ml air es. Semua dicampur dengan bumbu halus dan sayuran yang sudah dirajang. Lalu panaskan minyak, kemudian goreng bakwan sampai matang.

Untuk bumbu dasar bakwan, kita bisa menggunakan bawang putih, garam, lada bubuk, ketumbar bubuk, dan gula pasir. Bisa juga menambahkan kaldu bubuk bila suka. Kita bisa mencoba satu tips yang kita rasa paling mudah untuk segera dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading