Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Sambal Bawang yang Enak Bercita Rasa Gurih

Fimela.com, Jakarta Sambal bawang termasuk sambal yang paling mudah dibuat. Kadang lauk apa saja jadi terasa lebih sedap bila dilengkapi dengan sambal bawang. Untuk membuat sambal bawang yang enak hingga bercita rasa gurih pun tidak sulit.

Ada sejumlah cara dan tips yang bisa dicoba untuk membuat sambal bawang yang lebih enak. Berikut beberapa tipsnya dan kita bisa mencoba salah satu di antaranya untuk membuat sambal bawang yang sesuai selera kita.

1. Bahan Diulek Kasar dan Ditumis Sebentar

Kita bisa menyiapkan bawang merah, cabai rawit, cabai merah, gula putih, dan garam secukupnya. Bawang dan cabai diulek kasar. Setelah itu, panaskan minyak lalu tumis bahan yang sudah diulek. Setelah itu tambahkan gula dan garam. Aduk rata, matikan api. Sambal bawang siap disajikan.

2. Tambahkan Kaldu Jamur

Goreng cabai, bawang putih, dan bawang merah sampai layu. Setelah itu, ulek dengan menambahkan garam dan gula. Untuk mendapatkan cita rasa yang gurih, tambahkan kaldu jamur. Setelah semua diulek dan tercampur rata, goreng sambal bawang sampai matang.

3. Siram dengan Minyak Panas

Cabai rawit, bawang putih, dan garam diulek kasar. Setelah itu siramkan minyak panas, aduk rata. Aroma bawang putih akan lebih terasa. Sambal ini pun cocok untuk menu ayam geprek dan menu penyetan.

4. Tambahkan Terasi dan Kemiri

Ini juga bisa dicoba. Bawang merah yang diiris tipis, direndam dengan air garam lalu ditiriskan. Setelah itu, haluskan bawang putih dengan kemiri, terasi, cabai rawit, dan garam. Panaskan minyak, masukkan bawang merah dan bumbu halus. Masak sambal hingga agak garing.

Kita bisa menyesuaikan takaran komposisinya sesuai selera dan kebutuhan. Tertarik untuk mencoba salah satu cara di atas? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading