Sukses

Lifestyle

6 Tips Mencari Pekerjaan di Tahun 2020

Fimela.com, Jakarta Jika mendapatkan pekerjaan yang lebih baik menjadi salah satu resolusimu di tahun 2020 ini, kamu tidak sendirian. Sebanyak 29% pegawai mencari pekerjaan di saat mereka bekerja dan 78% pegawai terbuka untuk mendapatkan pekerjaan baru jika ada kesempatan.

Awal Januari ini adalah saat yang paling tepat untuk memulai pencarian pekerjaan yang baru dan lebih baik. Dilansir dari huffpost.com, Rabu (8/1/2020), berikut ini adalah beberapa tips mencari pekerjaan di tahun 2020, penasaran?

1. Memperbaiki narasi tentang diri sendiri

Salah satu hal yang paling membantu untuk mendapatkan pekerjaan adalah narasi yang kamu bagikan tentang dirimu sendiri. Narasi ini harus menarik dan otentik untuk diceritakan dan didengarkan.

2. Fokus pada jaringan daripada berkutat dengan resume

Daripada berkutat dengan resume dan profil LinkedIn, cobalah fokus berbicara dengan orang lain yang bisa memberikan nasihat karier yang baik.

Tidak ada salahnya mencoba, karena orang suka merekrut orang-orang lain yang mereka sukai atau kenal atau ada seseorang yang menjaminnya. Memiliki percakapan eksplorasi di awal dapat membantumu mendapatkan tawaran pekerjaan lebih cepat.

3. Buat daftar perusahaan tempat kamu ingin bekerja

Mulailah dengan sebuah rencana, seperti mengidentifikasikan target perusahaan yang jelas. Ketika daftar ini sudah ada, habiskan waktumu untuk mengevaluasi jaringanmu sendiri untuk mendapatkan pekerjaan terbaik.

 

4. Pencarian pekerjaan harus menjadi prioritas dalam jadwalmu

Jelaskan pada orang-orang terdekatmu bahwa saat ini kamu sedang fokus mencari pekerjaan, sehingga mungkin kamu tidak akan sempat menyisihkan banyak waktu untuk mereka lagi seperti sebelumnya.

5. Jadilah spesifik

Tentukan apa yang benar-benar ingin kamu lakukan dalam karier, karena ini akan memudahkanmu mencari pekerjaan. Fokusmu ini akan menarik perhatian para perekrut.

6. Banyak berkenalan dengan orang baru

Jika kamu ingin mengembangkan kehidupan kariermu di tahun 2020 ini, penting untuk mulai memeriksa jaringan yang telah kamu buat selama ini, baik pribadi maupun profesional. Dari sini kamu bisa mengidentifikasikan peluang untuk bertumbuh. Sudah siap?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading