Sukses

Lifestyle

Ingin Keuangan yang Merdeka? Terapkan Kebiasaan Ini dalam Kehidupan

ringkasan

  • Investasi, budgeting, hingga asuransi, menjadi upaya untuk wujudkan financial freedom.
  • Gaya hidup menjaadi salah satu cara yang bisa bantu untuk wujudkan keuangan yang merdeka.

Fimela.com, Jakarta Hidup dan uang adalah dua hal yang tak terpisahkan. Dalam kehidupan, kita membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun faktanya, walau setiap orang memiliki penghasilan dan pengeluaran yang berbeda-beda, tapi seringkali hal tersebut tidak berjalan seimbang.

Pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan tentu menjadikan keuangan kita tidak sehat. Bahkan hingga kini, masih banyak orang yang belum memiliki keungan yang merdeka, atau dikenal dengan financial freedom. Seperti yang dilansir dari Investopedia.com, ada sejumlah cara yang bisa dterapkan dalam hidup untuk mencapai keuangan yang merdeka. Bagaimana caranya?

1. Tentukan tujuan hidup

Banyak orang yang menginginkan financial freedom. Namun, tujuan tersebut tentu kurang spesifik. Untuk mencapainya banyak upaya yang harus dilakukan. Catatlah berapa dana yang harus dimiliki dalam rekening, bagaimana gaya hidup yang harus dijalani untuk mencapainya, dan pada usia berapa dana tersebut harus terkumpul. Dengan tujuan yang lebih spesifik, maka keuangan merdeka lebih mudah tercapai. 

Cara mewujudkan keuangan yang merdeka

2. Membuat budget

Pastikan untuk membuat budget pengeluaran bulanan dan usahakan untuk ditepati. Hal ini akan membuat kamu mudah memprediksi jumlah tabungan yang dimiliki dan juga menghindari diri dari gaya hidup boros.

3. Lunasi hutang kartu kredit

Kartu kredit membuat seseorang terjebak dalam kebiasaan meminjam uang yang buruk. Di saat kamu menggunakan kartu kredit, maka usahakanlah untuk selalu melunasi tagihan. Dengan cara ini, maka pengeluaran bulanan kamu tak akan terbebani dengan tagihan kartu kredit.

4. Buat tabungan otomatis

Tabungan otomatis membuat kita "dipaksa" untuk menabung. Jadikan tabungan otomatis sebagai dana masa depan. Sehingga di saat kamu sudah tak produktif lagi, kamu masih memiliki dana yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

5. Mulai berinvestasi

Di saat masih memiliki active income, mulailah untuk berinvestasi. Langkah ini akan membuat uang kamu semakin bertambah. Tapi ingat, setiap investasi mempunyai resiko. Pelajari terlebih dahulu mengenai investasi yang ingin dilakukan, dan pilihlan jenis investasi yang dijamin oleh Badan Pengawas Keuangan serta investasi yang minim resiko.

6. Peduli pada kesehatan

Kesehatan juga harus diperhatikan. Jangan sampai uang yang kamu tabung habis begitu saja akibat dana yang dipakai untuk membayar sakit yang kamu derita. Jadi mulai terapkan sejak dini untuk memproteksi diri dengan asuransi.

 

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading