Sukses

Lifestyle

Begini Caranya Tetap Bisa Mencukupi Kebutuhan Kalsium Tanpa Minum Susu

Fimela.com, Jakarta Kalsium adalah kandungan mineral yang butuhkan tubuh setiap hari, bukan hanya untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, namun juga membantu mengendalikan kontraksi jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung teratur.

Sayangnya tidak semua orang bisa minum susu dan produk olahannya karena memiliki alergi atau mungkin kondisi intoleran laktosa. Padahal sumber kalsium paling besar justru didapat dari susu. Namun untungnya sumber kalsium tidak hanya bisa didapat dari susu. Ada banyak makanan yang mengandung kalsium yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti susu.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kailan, brokoli, dan kangkung adalah contoh beberapa sayuran tinggi kalsium yang bisa dikonsumsi setiap hari. Kandungan kalsiumnya mungkin tidak setinggi susu namun sangat baik mencukup kebutuhan harian.

2. Kedelai 

Ada banyak olahan kedelai seperti tempe, tahu, susu dan bahkan kedelai rebus. Beberapa jenis biji-bijian dan kacang-kacangan lain selain kedelai seperti edamame, kacang merah, almond dan chia juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Sangat baik dikonsumsi setiap hari.

3. Ikan

Ikan terutama dari laut seperti sarden dan salmon memiliki kandungan kalsium yang paling tinggi dibandingkan jenis-jenis ikan lain. Tentu saja, tidak ada sarden atau salmon, kamu bisa menggantinya dengan ikan apa saja, karena tetap bisa memberi asupan kalsium.

Itu dia tiga jenis makanan tinggi kalsium yang bisa menggantikan peran susu dan produk olahannya. Jika tak sempat makan makanan di atas, kalsium juga bisa didapat dari suplemen. Jadi, tak perlu khawatir tak bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian kan, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading