Sukses

Lifestyle

Mencari Berbagai Pengalaman Baru, Membantuku Berubah Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Delima Octa - Malang

Banyak orang bilang mengubah diri sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi aku percaya jika ada niat dan kemauan pasti bisa. Saat itu bukanlah hal yang mudah untuk bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik di tahun yang baru. Bagi sebagian orang menerima masukan dari orang-orang terdekat seperti teman, sahabat, dan saudara tidaklah mudah. Tapi bagiku itu semua aku jadikan cambuk agar aku bisa berubah menjadi orang yang lebih baik lagi.

Langkah awal yang aku tempuh adalah keyakinan mengubah diri sendiri itu belajar dari pengalaman yang lalu. Lalu, berpikir sejenak apa yang perlu aku ubah dalam hidupku. Selanjutnya aku sering membaca artikel atau buku yang isinya mengenai motivasi karena itu bisa buat penyemangat. Yang terakhir jangan lupa untuk selalu berdoa dan berpikir optimis. Setelah itu aku berusaha untuk membuktikannya secara langsung dalam kehidupanku sehari-hari. Dengan sering bertemu dengan banyak orang dan karakter yang berbeda-beda di sekelilingku.

Tugasku memberikan pelayanan kepada masyarakat itulah yang membuatku jadi ingin tetap menjadi pribadi yang baik. Melihat orang-orang di sekitar lingkungan juga bisa menjadi cermin untuk diri kita sendiri. Dengan mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya kita bisa belajar karena pengalaman adalah guru terbaik. Dulu sewaktu masih zaman kuliah aku itu jarang sekali tersenyum kepada orang, seperti terkesan cuek. Tetapi jika aku mengenal orang itu maupun sebaliknya aku bisa tersenyum, tertawa, dan bercanda.

Belajar Lebih Ramah

Dari situlah aku memulai untuk belajar ramah serta tersenyum kepada semua orang di mana pun berada. Menyapa duluan ketika bertemu orang yang dikenal ataupun tidak dikenal. Tidak lupa juga jika ada rezeki mengajak teman-teman untuk makan bersama atau jalan-jalan. Itu menjadi agendaku rutin, bagiku membahagiakan teman dan sahabat adalah kepuasan tersendiri untukku. Sisanya bisa kugunakan untuk bersedekah serta menabung. Alhasil setiap orang bertemu denganku banyak yang melempar senyuman ketika bertemu denganku di jalan.

Jika aku tidak pernah mencoba aku tidak akan pernah tahu, aku bisa melawan segala pikiran negatifku dan aku berusaha untuk selalu berpikir positif. Tidak disangka juga aku bisa melawati segala ketakutanku yang dulu, ternyata tidak seperti yang aku bayangkan. Aku juga lebih banyak bersyukur sebab perubahanku ini membuatku jadi lebih ceria. Selain itu bersemangat dalam menjalani aktivitasku setiap hari. Mendapatkan pengalaman yang sangat berharga di tahun 2020. Tahun 2020 ada banyak perubahan, cerita hebat dalam hidupku.

Tidak ada orang sempurna di dunia ini, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua orang pasti mempunyai kekurangan termasuk aku, mencari kekurangan sendiri, memerhatikan kelebihan orang lain. Aku selalu melakukan hal yang tidak dapat aku lakukan agar aku bisa belajar cara melakukannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Saatnya Membuat Orangtua Bangga atas Pekerjaan Pilihan Kita
Artikel Selanjutnya
Penuh Syukur Menanti Kelahiran Buah Hati Pertama Tahun Ini