Sukses

Lifestyle

Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan Ekspektasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Fimela.com, Jakarta Pertanyaan tentang ekspektasi gaji mungkin akan terdengar sangat umum untuk kamu yang sedang menjalani wawancara kerja. Namun, tahukah kamu bahwa jawaban yang kamu berperan besar?

Ada perdebatan tentang cara terbaik untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, beberapa ahli menyarankan untuk melewatinya saja, sementara beberapa yang lain mengharuskanmu memberikan kisaran gaji yang diharapkan. Dilansir dari huffpost.com, Jumat (10/1/2020), yang sebenarnya diharapkan dari pertanyaan ini adalah hargamu berada di kisaran yang sama dengan perusahaan perekrut.

Ekspektasi gaji ini diperkirakan mulai digunakan sejak beberapa kota, seperti New York City dan California pernah melarang perusahaan untuk bertanya tentang riwayat gaji calon karyawan mereka di masa lalu. Ada dua cara perekrut akan menanyakan ekspektasi gaji, pertama, menanyakannya secara langsung atau langsung memberikan penawaran.

 

 

Tips terbaik menjawab tentang ekspektasi gaji

Hal yang harus kamu ingat, jangan langsung menjawab jika kamu diwawancara secara online. Akan sulit untuk berbisnis dengan seseorang jika kamu tidak bicara secara langsung.

Jika ekspektasi gaji bukan sesuatu yang wajib kamu isi dalam portal online, maka sebaiknya kosongkan saja. Pilihan lainnya adalah kamu bisa menuliskan bahwa ekspektasi gajimu masih bisa dinegosiasi dan kamu sangat terbuka ketika ada tawaran.

Atau jika kamu harus mengisinya dengan angka, lakukan riset terlebih dahulu dan isilah dengan angka yang lebih tinggi. Meletakkan jawaban spesifik pada portal online berarti kamu sudah mengunci diri dengan angka tersebut.

Tips terbaik menjawab tentang ekspektasi gaji

Jawaban ekspektasi gaji bisa bersifat kontekstual di tempat kamu berada dalam karier dan industri seperti apa kamu bekerja. Yang terpenting adalah kamu memiliki alasan bisnis di balik rentang angka yang kamu berikan.

Satu hal terakhir yang harus kamu ketahui adalah ekspektasi gaji tidak sama dengan tawaran di akhir. Kamu bisa menyesuaikan angka setelah mendapatkan informasi tentang detail pekerjaan yang akan dilakukan. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pecahkan Rekor, Kim Soo Hyun Dibayar Rp 6,3 Miiliar Per Episode