Sukses

Lifestyle

11 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Rambutmu, Demi Cantik yang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Ada satu bahan yang sering digunakan untuk menambah rasa di setiap hidangan yang dibuat. Dikenal mampu menghadirkan penderitaan bagi siapa saja yang memotong atau mengupasnya, siapa sangka manfaat bawang bombay bukan hanya terbatas di dapur.

Walau memiliki aroma yang cukup menyengat, bawang bombay sudah dipakai berabad-abad lamanya di bidang kuliner maupun kesehatan. Seperti orang Romawi yang menggunakannya untuk menyembuhkan sakit gigi hingga gigitan anjing. Hal ini disebabkan oleh vitamin dan mineral yang cukup lengkap di dalam bawang bombay, mulai dari magnesium, vitamin B6 dan C, besi, kalsium, serat hingga kalium.

Meskipun sulit dipercaya, manfaat bawang bombay untuk rambut dapat dijajal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, meminimalkan penipisan dan kerusakan rambut, menunda penuaan, menjaga kulit kepala tetap sehat, mengurangi ketombe hingga meningkatkan sirkulasi darah. Sounds promising, right? Biar nggak bingung bagaimana cara memanfaatkan sari bawang bombay untuk merawat rambut, ikuti beberapa resepnya berikut ini.

Sari bawang bombay

Haluskan bawang bombay dengan sedikit air lalu saring untuk mendapatkan sarinya. Gunakan kapas dan celupkan ke dalamnya lalu oleskan ke kulit kepala. Barengi dengan pijatan selama beberapa menit, lalu biarkan sekitar 15-60 menit, sebelum cuci rambut seperti biasa.

Pastikan lakukan patch tes terlebih dahulu sebelum menjajal perawatan rambut dengan bahan bawang bombay. Meskipun nggak memiliki alergi pada bawang bombay, ada beberapa orang yang mengalami efek samping sepertii iritasi pada kulit, ruam, dan gatal. Caranya, oleskan sedikit sari bawang bombay di siku atau bagian belakang telinga dan tunggu jika terjadi reaksi.

Bawang bombay dan minyak kelapa

Untuk meningkatkan kemampuan bawang bombay untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut, nggak ada salahnya menambahkan minyak kelapa. Selain mengandung sifat antibakteri, minyak ini juga memudahkan penyerapan nutrisi ke kulit kepala. Sedangkan tea tree oil di dalamnya, mampu mengurangi bau menyengat khas bawang yang kurang disukai.

Caranya, cukup aduk rata ketiga bahan tersebut dan oleskan ke kulit kepala, pijat selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit lalu cuci rambut dengan sampo berformula ringan. Lakukan secara rutin untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe.

Minyak zaitun dan bawang bombay

Cara mudah lainnya untuk memanfaatkan manfaat bawang bombay untuk rambut adalah mencampurkannya dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan pijat lembut dengan gerakan memutar. Diamkan selama 2 jam sebelum dicuci dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut.

Penggunaan minyak zaitun yang juga sering tersedia di dapur ini bukan hanya membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, tapi juga membawa manfaat lain. Mulai dari memerangi ketombe, melembapkan rambut dan kulit kepala, hingga menjadikan rambut lebih halus dan berkilau.

 

Castor oil dan bawang bombay

Castor oil kini jadi solusi yang cukup populer untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bukan hanya itu, minyak jarak ini juga membantu menebalkan rambut dan menjaganya tetap sehat. Dikombinasikan dengan sari bawang bombay, dijamin frekuensi rontok akan berkurang dan volume rambut akan meningkat.Untuk melakukan perawatan menggunakan castor oil dan bawang bombay, cukup tuangkan sedikit minyak ke dalam sari bawang bombay. Oleskan ke kulit kepala dan beri pijatan lembut sebelum didiamkan selama sekitar satu jam. Bilas hingga bersih dan baunya menghilang.

Telur dan bawang bombay

Kombinasi ini terdengar lezat untuk sebuah hidangan, tapi juga punya khasiat baik untuk kesehatan rambutmu. Masker rambut ini mengandung protein yang tinggi dari telur untuk membantu menyuburkan rambut dan menjaganya tetap sehat, sedangkan sari bawang bombay merangsang sirkulasi darah di kulit kepala untuk rambut lebih cepat panjang.

Cara membuat masker rambut ini cukup mudah. Cukup kocok sari bawang bombay dengan telur utuh hingga halus. Lalu oleskan campuran ke kulit kepala dan ratakan ke seluruh rambut. Tutup dengan shower cap dan tunggu sekitar 20-30 menit. Lanjutkan dengan mencuci rambut dengan air dingin dan sampo bebas sulfat. Jika khawatir rambut bakal berubah bau, tambahkan minyak esensial rosemary atau lavender ke dalam campuran telur dan bawang bombay tersebut.

Jahe dan bawang bombay

Jangan salah menganggap kedua bahan ini sebagai bagian dari resep masakan, tapi solusi untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah sambil meminimalkan kerontokan rambut. Cukup campurkan perasan jahe yang sebelumnya diparut halus dengan sari bawang bombay.

Oleskan ke kulit kepala dan beri pijatan lembut. Diamkan selama setengah jam dan cuci dengan sampo hingga bersih. Ulangi secara rutin untuk meningkatkan kualitas rambut yang kuat dan tampak tebal.

Bawang bombay, bawang putih dan minyak zaitun

Lagi-lagi terdengar lezat untuk sebuah resep makanan, kombinasi ketiga bahan ini menjadi sumber nutrisi yang akan menunjang pertumbuhan rambut. Bawang putih sendiri merupakan sumber mineral yang berlimpah seperti kalsium, belerang dan seng. Dikombinasikan dengan bawang bombay menjadikan rambut tampak tebal, panjang dan tampak cantik setiap saat.

 

Madu dan bawang bombay

Madu banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan, baik pada kulit maupun rambut. Selain menjadikan rambut jadi lebih lembut, madu juga membantu mengikat kelembapan pada rambut dan kulit kepala.

Cukup campurkan kedua bahan ini hingga mencapai campuran yang mudah dioleskan. Pijatkan lembut pada kulit kepala dengan gerakan memutar dan diamkan sekitar setengah jam. Cuci hingga bersih dan ulangi 2-3 kali seminggu untuk memastikan rambut tetap lembap dan sehat.

Sari lemon dan bawang bombay

Cocok dijadikan bagian dari salad dressing, campurkan sari jeruk lemon dan bawang bombay dan aduk rata. Oleskan ke kulit kepala dan berikan pijatan yang dapat membantu penyerapan ke kulit kepala. Diamkan selama sekitar setengah jam dan cuci rambut hingga bersih, ulangi 2-3 kali seminggu.

Jeruk lemon mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen pada kulit dan memperkuat folikel rambut. Efektif menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala, membantu rambut tubuh tanpa hambatan berarti dari ketombe maupun infeksi pada kulit kepala. Namun, ada baiknya untuk berhati-hati dalam menggunakan perawatan ini karena dapat memicu iritasi pada kulit kepala, terutama jika terdapat luka.Kentang dan bawang bombay

Sama-sama sedap dijadikan gorengan, siapa sangka kalau campuran sari kentang dan bawang bombay dapat merawat rambut agar tetap sehat dan cepat panjang. Kombinasikan keduanya hingga mendapatkan campuran yang halus. Oleskan dan pijatkan lembut selama sekitar 10 menit, lanjutkan dengan keramas seperti biasa. Selain manfaat bawang bombay bagi rambut, kentang sendiri merupakan sumber nutrisi yang berlimpah seperti vitamin B dan C, besi, seng, dan niasin yang membantu menyehatkan folikel rambut, menjadikannya lebih kuat dan tumbuh sehat.

Air bawang bombay

Selama nggak keberatan dengan baunya, membilas rambut dengan air bawang bombay secara efektif membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala serta rambut terbebas dari kerusakan, akibat paparan sinar matahari maupun bahan kimia.

Untuk menyiapkannya, cincang halus bawang bombay lalu rebus dalam air. Diamkan hingga dingin dan saring sebelum digunakan untuk membilas rambut. Jika ingin menghilangkan bau bawang dari rambut, bilas kembali dengan campuran air dan cuka sari apel di akhir sesi keramas.

Siap menjajal manfaat bawang bombay untuk rambut? (adv/eth)

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Pentingnya Mengetahui Tingkat Porositas Rambut
Artikel Selanjutnya
Waspadai 7 Masalah Kerusakan Rambut Ketika Cuaca Ekstrem