Sukses

Lifestyle

Justin Bieber Idap Lyme Disease, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

ringkasan

  • Jaga kebersihan pakaian dan rumah untuk hindari kutu bersarang dan menyebarkan virus.
  • Waspada Lyme Disease sat tubuh merasa kelelahan, deman, dan menemukan ruam pada kulit.

Fimela.com, Jakarta Lyme Disease jadi pusat perhatian. Hal ini kembali jadi topik hangat akibat pengakuan Justin Bieber yang didiagnosa mengidap penyakit yang satu ini. Infeksi yang disebarkan oleh gigitan kutu ini ternyata sangat berakibat fatal. Rasa lelah, ruam, demam, sakit kepala, dan jika sudah masuk ke dalam tingkat kronis, Lyme bisa mempengaruhi persendian, jantung, dan sistem saraf.

Infeksi ini disebabkan oleh empat jenis bakteri yakni Borrelia Burgdorferi, Borrelia Afzelii, Borrelia Mayonii, dan Borellia Garinii. Di Indonesia, bakteri Borrelia Burgdorferi sangat banyak ditemukan.

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, ternyata infeksi ini masuk ke dalam kutu yang mengonsumsi darah rusa, burung, atau tikus, yang sudah terinfeksi. Sebelum menjangkit manusia, bisanya membutuhkan waktu hingga 36 jam terkait keberadaan kutu ini. Namun sayangnya, banyak yang tidak menyadari gigitan kutu pertama yang menyebabkan penyakit Lyme.

Lyme tidak menular, tapi jika dialami oleh perempuan hamil maka mampu menular pada sang janin dalam kandungan.

 

Mengenal penyakit Lyme yang dialami Justin Bieber

Penyebab Lyme Disease?

Penyakit ini biasanya terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. Penyebabnya akibat gigitan kutu yang terinfeksi bakteri Lyme Disease. Jenis bakterinya yakni Borrelia, yaitu Borrelia burgdorferi, Borrelia mayonii, Borrelia afzelii, dan Borrelia garinii.

Gejala Lyme Disease?

Gejalanya sangat beragam. Di tahap awal, Lyme akan memperlihatkan benjolan kecil pada daerah yang digigit kutu dan akan hilang dalam beberapa waktu. Lalu biasanya, setelah satu bulan akan menimbulkan ruam, flu, dan rasa kelelahan.

Cara Penanganan? 

Cara penanganan yang baik dan efektif adalah di fase awal. Antibiotik oral biasanya diberikan sehingga penanganannya dapat teratasi. Namun, jika fase menjadi kronis, maka biasanya sistem saraf sudah terserang, dan dibutuhkan antibiotik melalui pembuluh darah sehingga pengobatan akan lebih efektif.

Cara mencegeh Lyme Disease?

Untuk cara pencegahannya, pastikan rumah dan pakaian dalam keadaan bersih. Usahakn memakai baju panjang saat berada di luar ruangan. Hindari hutan dan tempat lembap yang biasanya jadi tempat bersarangnya kutu, dan jangan lupa untuk rajin menggunakan krim anti serangga yang dapat menghindari kita dari gigitan kutu.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Justin Bieber Alami Lyme, Pahami Penyakit yang Satu Ini
Artikel Selanjutnya
Diremehkan, Hailey Baldwin Bela Justin Bieber yang Derita Penyakit Lyme