Sukses

Lifestyle

Ingin Cari Pekerjaan di Tahun 2020? Ini Tips untuk Kamu

Fimela.com, Jakarta Jika resolusi di tahun baru adalah untuk mendapat pekerjaan yang layak, kamu tidak sendirian. Menurut survei Career Builder di tahun 2019, satu dari empat karyawan (29%) mengatakan mereka sedang mencari pekerjaan saat bekerja dan 78% melaporkan bahwa mereka akan menerima pekerjaan baru jika ada kesempatan yang tepat.

Januari adalah saat terbaik untuk memulai perburuan ini. Layanan pengiriman pekerjaan ZipRecruiter mengatakan bahwa mereka melihat lebih banyak lowongan pekerjaan di bulan Januari daripada bulan-bulan lainnya. Maka dari itu, kamu harus mulai mempersiapkannya sekarang. Berikut tips mencari pekerjaan di tahun ini yang disampaikan oleh para ahli, dilansir dari huffpost.com.

Cari tahu kisah karier yang ingin kamu ceritakan

Salah satu hal yang paling membantu pencari kerja adalah memperbaiki cerita yang ingin dibagikan tentang diri sendiri sehingga mereka merasa menarik dan otentik untuk diceritakan dan didengar. Ini meningkatkan kepercayaan diri dan kapasitas para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang memuaskan.

Menurut Monique Valqour seorang pelatih eksekutif, kamu direkomendasikan untuk menjangkau orang-orang yang saling berbagi nilai karier menarik dan melakukan percakapan di mana mereka berbagi apa yang dimiliki. Ini membantu pencari kerja untuk memahami bagaimana orang lain melihat mereka dan menggabungkan kekuatan yang orang lain perhatikan dalam narasi. 

Buatlah daftar perusahaan yang kamu inginkan

Cara terbaik untuk mempercepat pencarian pekerjaan adalah memulai dengan sebuah rencana. Terdengar sederhana tetapi sering diabaikan. Identifikasi target pekerjaan yang jelas tentang apa yang ingin kamu lakukan. Selanjutnya, buat daftar 25-35 perusahaan yang kamu inginkan.

“Ketika kamu membuat daftar target perusahaan, habiskan waktu mengevaluasi jaringan dan mencari konektor. Siapa yang kamu kenal di daftar target perusahaan? Siapa yang dapat membantu kamu mendapatkan kenalan?" ujar Sarah Johnston , mantan perekrut perusahaan dan pendiri Briefcase Coach

Targetkan pencarian kerja sehingga materi aplikasi menjadi spesifik

Tentukan apa yang ingin dilakukan selanjutnya dalam karier kamu. Pencari kerja yang tidak jelas tentang apa langkah karier mereka selanjutnya menghabiskan lebih banyak waktu dalam proses pencarian pekerjaan.

"Semakin spesifik kamu dalam mencari pekerjaan, semakin baik. Pencarian pekerjaan yang ditargetkan memungkinkan kamu untuk memfokuskan resume, profil, dan bahkan surat lamaran sehingga kamu lebih mungkin untuk menarik perhatian perekrut dan HRD," jelas Gala Jackson, pelatih kepemimpinan.

Itulah tips-tips untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan di tahun baru ini. Semoga bermanfaar ya, Sahabat Fimela.

(Rafinda)

#GrowFearless with FIMELA

Loading