Sukses

Lifestyle

Ingin Belajar Membuat Menu Pie? Ini Serba-Serbinya

Fimela.com, Jakarta Salah satu menu masakan yang disukai oleh banyak orang baik anak-anak dan orang dewasa adalah pie. Selain itu, menu pie juga dapat disajikan sebagai menu pendamping seperti menu pie kentang, menu utama seperti pie daging sapi, menu kudapan atau menu penutup seperti pie apel atau pie aneka buah. Menariknya lagi menu pie dapat kamu persiapkan beberapa hari sebelumnya, sehingga cocok untuk menjadi salah satu menu apabila kita akan menjamu tamu di rumah.

Untuk dapat menyajikan aneka menu pie yang sempurna, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik dan praktis. Dilansir dari Huffpost.com, yuk kita intip tips berikut ini.

Kulit pie jenis tertentu bisa dibekukan beberapa hari sebelum pemakaian

Menurut Tamika Sims, direktur komunikasi teknologi makanan di International Food Information Council Foundation, pie untuk membuat menu pie berisi buah dapat disimpan dengan aman selama 3-4 hari di lemari es sebelum digunakan. Sedangkan di freezer, pie buah bisa bertahan 1-2 bulan setelah dipanggang. Sehingga menu pie buah dapat kamu persiapkan beberapa hari sebelum disajikan.

Pie labu dan kemiri

Iowa State University Extension dan Outreach mencatat bahwa walaupun pie labu dan kemiri dapat dibekukan hingga dua bulan, isinya mungkin dapat terpisah dan kulitnya menjadi lembek.

Satu lagi yang harus diperhatikan adalah jangan berpikir untuk membekukan pie puding. "Pie yang berisi custard atau chiffon cake tidak boleh dibekukan tetapi dapat disimpan selama 3-4 hari di lemari es," kata Sims.

Menurut Tracy Wilk, ketua koki dan editor resep, kamu disarankan untuk membuat adonan pie terlebih dahulu lalu memasukannya ke dalam freezer. Dengan begitu, kamu bisa memanggangnya saat akan disantap dan tersaji selagi hangat.

 

Pie bisa bertahan pada suhu ruang

Pedoman untuk pie berisi buah adalah yang paling lunak karena pie buah umumnya mengandung cukup gula untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan aman disimpan pada suhu ruang. Pie yang akan didinginkan tidak boleh ditinggalkan lebih dari dua jam atau satu jam dalam suhu udara di atas 90 derajat Fahrenheit.

"Ketika produk-produk panggang ini dibiarkan pada suhu kamar, kondisinya ideal untuk perkalian bakteri. Tidak perlu mendinginkan sebagian besar makanan yang dipanggang lainnya, kecuali jika mereka memiliki isian atau frosting yang mudah rusak," jelas Sims.

Untuk menghindari kulit yang melembek, Wilk merekomendasikan untuk membuat pie apel (dan juga pai lainnya yang diisi dengan buah basah) tidak lebih dari 24 jam sebelumnya. Setelah dingin, pie bisa dibungkus dan dibiarkan di meja semalaman.

"Ingatlah untuk menyimpan makanan yang mudah rusak di bawah 40 derajat Fahrenheit dan berbagai jenis sisa makanan dapat disimpan dengan aman untuk waktu yang berbeda," kata Sims, yang merekomendasikan menyimpan makanan dingin di lemari es, sehingga kamu tahu kapan harus membuang sisa makanan itu.

Pie buah, labu, kemiri, puding, dan sifon dapat disimpan dengan aman di lemari es selama 3-4 hari. Salah satunya adalah pie apel yang jika sudah lewat dua hari rasanya menjadi kurang enak.

"Kamu tidak bisa memastikan apakah makanan itu aman hanya dengan tampilannya atau baunya," tambah Sims.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang pie. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Lipbalm Alami untuk Mencegah Bibir Kering di Rumah
Artikel Selanjutnya
Demi Kulit Halus dan Lembap, Buat Sendiri Body Butter dari Bahan Alami