Sukses

Lifestyle

Tips Mengatur Keuangan di Tahun Tikus Logam

ringkasan

  • Pastikan Pengeluaran tidak Lebih dari Pendapatan
  • Catat Semua Pengeluaran dan Pendapatanmu
  • Mencari Penghasilan di Luar Gaji

Fimela.com, Jakarta Sukses tidak bisa diraih dengan instan, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Mumpung masih tahun yang baru, menyiapkan segalanya sangat penting. Well, di Tahun Tikus Logam ini adalah momen yang tepat untuk lebih bijak dalam mengatur keuanganmu.

Butuh komitmen yang kuat agar kamu dapat mengatur keuangan. Sahabat Fimela berikut ini adalah tup mengatur keuangan agar sukses di tahun Tikus Logam.

Pastikan Pengeluaran tidak Lebih dari Pendapatan

Pastikan uang yang dikeluarkan jangan sampai melebihi pendapatan atau penghasilan yang dimiliki. Belanja sesuai kebutuhan, bukan karena sedang ingin atau lapar mata saja. Utamakan kebutuhan bukan keinginan.

Catat Semua Pengeluaran dan Pendapatanmu

Mencatat setiap pengeluaran memang terkesan sepele namun penting untuk menjaga keuanganmu tetap stabil. Selalu catat penerimaan dan pengeluaranmu, hal ini berfungsi untuk menganalisa pengeluaran apa saja yang sudah dibuat sehingga barang yang kamu beli memang benar dibutuhkan.

Berkomitmen untuk Menabung

Saatnya untuk membuat target tabungan. Misalnya, pada usia kesekian harus sudah punya uang sekian di tabungan. Dengan cara ini, setidaknya kita bakal punya motivasi dan mencegah diri agar tidak kebablasan dalam membelanjakan uang.

Tentukan Skala Prioritas

Saat menerima gaji, buat skala prioritasmu. Kebutuhan apa yang harus segera dipenuhi dan apa saja kebutuhan yang dapat ditunda. Jangan menunda atau mengabaikan kebutuhanmu. Sst, dan yang terpenting jadikan menabung sebagian uang gaji adalah kebutuhan.

Mencari Penghasilan di Luar Gaji

Punya hobi? Coba jadikan hobimu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Suka membuat kue? Buka jasa pemesanan kue, suka membuat desain? Sekarang banyak jasa desain yang memberikan fee tinggi. Jadi, manfaatkan hobimu untuk mendapatkan penghasilan. Bersenang-senang tidak harus menghabiskan uang kan?

Sahabat Fimela, demikian 5 tips untuyk mengatur keuangan di Tahun Tikus Logam. Selalu terima dan terbuka dengan segala kesempatan yang ada. Semoga sukses dan selamat menyambut tahun yang baru.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading